Satgas Udara Riau Siagakan 6 Helikopter Water Boombing

oleh -1.097 views
Satgas Udara siagakan helikopter water boombing. (Foto: Istimewa)

PEKANBARU-Satgas Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Provinsi Riau terus bersiaga melakukan pencegahan dan penanggulangan kebakaran lahan di Riau. Dengan kesiagaan ini, diharapkan tahun ini tidak terjadi karhutla yang berdampak pada bencana kabut asap.

“Di tengah pandemi Covid 19, Riau dalam kondisi siaga darurat Karhutla. Namun kita berharap tidak ada bencana asap,” kata Kepala Bidang Kedaruratan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, Jim Gafur, Minggu (19/7/2020).

Sejauh ini, Pemprov Riau sudah melakukan sejumlah upaya pencegahan Karhutla. Di antaranya menetapkan status siaga darurat Karhutla di Riau sejak 11 Januari sampai 31 Oktober 2020.

Upaya yang dilakukan BPBD Riau bersinergi dengan stakeholder terkait dalam upaya pencegahan dan pemadaman titik api yang terdeteksi.

“Di musim kemarau tahap pertama yaitu bulan Februari dan Maret kita telah melakukan beberapa upaya pencegahan dan upaya pemadaman pihak bersama stakeholder terkait,” ujarnya.

Pihaknya mengklaim, upaya pencegahan dan upaya pemadaman titik api di Riau mampu menurunkan tingkat kebakaran dibandingkan tahun lalu hingga 61 persen. “Alhamdulillah upaya yang kita lakukan bersama menurunkan tingkat kebakaran dibandingkan tahun lalu,” katanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *