5 Makanan Berikut Ternyata Baik untuk Kesehatan Hati

Kacang Almond merupakan sumber vitamin E membantu mencegah penyakit hati berlemak. (Foto: Unsplash)

PEKANBARU-Hati atau liver merupakan organ penting dalam tubuh. Hati bertugas menyaring darah dari saluran pencernaan dan meneruskannya ke seluruh tubuh. Menjaga kesehatan hati dapat dilakukan dengan mengonsumsi makanan-makanan yang baik untuk hati.

Hati juga berfungsi menyaring sari-sari makanan dan menghasilkan empedu. Hati juga bertugas mendetoksifikasi bahan kimia atau racun. Fungsi lain hati adalah me-metabolisme obat yang masuk ke tubuh serta membuat protein penting untuk pembekuan darah.

Gangguan pada hati dapat mengakibatkan masalah pada tubuh. Beberapa penyakit yang dapat menyerang hati di antaranya hepatitis, sirosis, kanker, dan gagal liver. Sejumlah makanan dapat membantu menjaga hati tetap sehat dan berfungsi dengan baik.

Berikut makanan yang baik untuk kesehatan hati.

Brokoli
Studi menunjukkan brokoli dapat melindungi hati dari penyakit hati berlemak non-alkohol. Brokoli kaya akan serat yang baik untuk kesehatan hati. Sayuran ini juga mengandung vitamin dan mineral yang memiliki fungsi antioksidan sehingga membantu mencegah peradangan.

Teh hijau
Seduhan teh hijau juga kaya akan antioksidan, salah satunya katekin. Dikutip dari Web MD, studi menunjukkan katekin dapat membantu mencegah sejumlah kanker, termasuk kanker hati. Pilih teh hijau alami untuk mendapatkan manfaat yang lebih banyak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *