Melihat Aksi Menegangkan Penangkapan Kapal Vietnam Pencuri Ikan di Natuna

oleh -673 views
Ilustrasi kapal ikan. (Foto: Istimewa)

Komandan KN Pulau Dana 323 Letkol Bakamla Hananto Widhi kemudian memerintahkan 1 Tim VBSS dan RHIB untuk melumpuhkan KIA. Proses pendekatan oleh Tim VBSS telah dilaksanakan sesuai prosedur dengan mengelilingi KIA sebanyak 2 kali guna mengidentifikasi keadaan.

Setelah dilakukan identifikasi, Tim VBSS mendekat pada lambung kiri KIA untuk berkomunikasi menggunakan pengeras suara, memerintahkan KIA untuk mematikan mesin. Melihat hal itu, KIA ternyata tidak kooperatif dan tetap melakukan manuver berbahaya berkali-kali, hingga pada akhirnya mencoba untuk menabrakkan diri ke KN Pulau Dana 323.

Tembakan peringatan lalu dilepaskan ke udara sebagai peringatan bagi KIA. KIA tetap berusaha melarikan diri dengan bermanuver melingkar dan membahayakan Tim VBSS. Selanjutnya Tim VBSS melepas tembakan ke anjungan KIA.

Akhirnya, KIA mengurangi kecepatan dan Tim VBSS berhasil merapat di lambung kiri KIA. Selanjutnya Tim VBSS melakukan pengamanan dengan mengumpulkan semua anak buah kapal (ABK) di haluan kapal. Prosedur pengamanan tidak hanya dilakukan terhadap ABK, namun juga di seluruh bagian KIA.

Selanjutnya, KIA berhasil dirapatkan ke KN Pulau Dana 323. Dari pemeriksaan awal, diketahui KIA tersebut telah memuat ikan sebanyak 2 ton. Untuk dilakukan proses lebih lanjut, KIA beserta seluruh ABK dikawal oleh personil KN Pulau Dana 323 menuju Selat Lampa, Natuna. (*)

Editor: Boy Surya Hamta
Sumber: Viva.co.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *