Melihat Aksi Menegangkan Penangkapan Kapal Vietnam Pencuri Ikan di Natuna

Ilustrasi kapal ikan. (Foto: Istimewa)

NATUNA-Kapal KN Pulau Dana 323 milik Bakamla berhasil menangkap kapal ikan asing (KIA) asal Vietnam yang diduga melakukan aktivitas pencurian ikan di Laut Natuna Utara, beberapa waktu lalu.

KN Pulau Dana 323 awalnya melakukan patroli di Laut Natuna Utara. Di sela patroli tersebut, KN Pulau Dana 323 melihat kontak sebuah KIA Vietnam. KN Pulau Dana 323 sempat melakukan komunikasi dengan radio VHF terhadap KIA, namun tidak mendapat respons.

“Menanggapi hal itu, KN Pulau Dana 323 melakukan manuver mendekati KIA. Selanjutnya dilakukan kontak komunikasi dengan menggunakan isyarat semaphore,” seperti dikutip dari laporan resmi Bakamla, Senin (27/7/2020).

Saat tahu akan diperiksa, KIA Vietnam kemudian menambah kecepatan dari 2 knot menjadi 8 knot dan terus berusaha menjauh dari KN Pulau Dana 323. KIA juga sempat melepaskan tanda jaring ikan berwarna hitam guna menghilangkan barang bukti.

Saat sulit melepaskan diri dari kejaran KN Pulau Dana 323, KIA membakar ban di buritan. Hal itu terlihat dari asap hitam yang mengebul di udara. Sambil terus kabur, KIA melaju kencang dengan manuver zig-zag yang juga membahayakan kapal-kapal niaga asing yang melintas di alur lintas kepulauan Indonesia (ALKI).

Di tengah pengejaran, KIA menambah pembakaran ban di bagian buritan dan haluan. Merasa panik, KIA melakukan upaya menabrakkan diri ke kapal MV AKIJ OCEAN yang melintas di sekitar area penghentian KIA.

Melihat hal itu, KN Pulau Dana 323 langsung berkomunikasi kepada MV AKIJ OCEAN dan memperingatkan untuk memperhatikan manuver KIA dan menghindar demi keselamatan kapal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *