DKPP: Pandemi Covid-19 Berpotensi Munculkan Politik Uang

Ilustrasi. (Foto: Istimewa)

JAKARTA-Anggota Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) Teguh Prasetyo mengingat kontestan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020, untuk tidak menjadikan pandemi Covid 19 sebagai alasan menggoda pemilih dengan praktik uang.

“Kondisi pandemi ini jangan digunakan untuk menggoda wong cilik untuk melakukan perbuatan yang menggiring pada pilihan politiknya,” kata Teguh Prasetyo, Jumat (7/8/2020) di Jakarta.

Menurutnya, kondisi pandemi COVID-19 sangat berpotensi menghadirkan praktik politik dengan dalih ekonomi yang kian sulit karena maraknya pemutusan hubungan kerja (PHK) dan terbatasnya kesempatan kerja bagi masyarakat. “Biarlah mereka (pemilih) bebas untuk menentukan pilihan politiknya,” kata Teguh.

Selain itu, dia turut menyoroti petahana atau para kepala daerah yang berkontestasi dalam Pilkada agar benar-benar menjadi pemimpin masyarakatnya. Menurutnya sudah menjadi kewajiban seorang pemimpin untuk memastikan rakyatnya tetap sejahtera dalam kondisi apa pun, termasuk dalam masa pandemi Covid-19.

Sehingga kata dia sangat wajar jika seorang kepala daerah mengeluarkan anggaran atau program yang melepaskan rakyatnya dari lesunya ekonomi saat ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *