Penyerahan Sertifikat TORA, Bupati Sukiman Minta Masyarakat Manfaatkan dengan Baik

oleh -35 views
Bupati H. Sukiman menyerahkan sertifikat ke perwakilan warga. (Foto: Humas)

ROKAN HULU-Medio 2019-2020, Badan Agraria dan Tata Ruang Badan Pertanahan Nasional (ATR/ BPN) Kabupaten Rokan Hulu sudah merealisasikan 4.653 bidang tanah persertifikatan tanah transmigrasi objek agraria program Tanah Obyek Reforma Agraria (TORA).

Demikian terungkap saat penyerahan sertifikat tanah rakyat dilakukan Menteri ATR/BPN Sofian A. Djalil yang dilakukan secara vitual dan diikuti Bupati Rohul H. Sukiman, Kepala ATR/BPN Rohul Tabarita Simorangkir, Sekda Abdul Haris, Kakan Kemenag Syahrudin di pendopo rumah dinas Bupati Rohul, Jumat (7/8/2020).

Persertifikatan tanah masyarakat, menurut Tabarita, merupakan program strategis nasional yang dilaksanakan ATR/ BPN Riau melalui Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) dan TORA yang dilaksanakan dengan mengikuti protokoler kesehatan.

Melalui program TORA, ujar Tabarita, dari 4.653 bidang tanah yang sudah direalisasikan mulai 2019 sudah sekira 2.984 bidang tanah terealisasi. Tahun 2020 bertambah sekira 1.669 bidang tanah.

“Kali ini kita salurkan untuk masyarakat Desa Pasir Luhur, Desa Indah, Pasir Jaya, Pasir Utama, Sukadamai dan Desa Payung Sekaki yang diserahkan simbolis juga sertifikat tanah wakaf ke sejumlah perwakilan rumah ibadah masjid, surau suluk juga pemakaman umum,” urai Tabarita.

Sementara Bupati Sukiman menyampaikan terima kasih kepada Kepala ATR/BPN Rohul yang sudah membantu dan memudahkan masyarakatnya dalam mendapatkan sertifikat tanah, baik melalui PTSL dan prgram TORA. Dia berpesan, masyarakat penerima bisa memanfaatkan sertifikat tanahnya secara baik, seperti sebagai agunan pinjaman dana ke bank untuk usaha.

“Setelah mendapatkan sertifikat maka tanah masyarakat sudah memiliki legalitas yang sah. Terpenting lagi bagaimana masyarakat sudah mendapat kepastian hukum akan tanah mereka dengan adanya sertifikat,” ulasnya. (adv/hms)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *