Pasien Positif Covid-19 di Riau Bertambah 68 Orang

oleh -1.658 views
Pasien Corona tegah dirawat. (Foto:Antara)

PEKANBARU-Pasien positif Covid-19 di Riau kembali bertambah. Kamis (13/8/2020) terjadi penambahan 68 kasus baru. Dengan demikian, total akumulasi pasien positif hingga saat ini sudah mencapai 889 kasus.

Ketua Perhimpunan Ahli Epidemiologi Indonesia (PAEI) Riau dr Wildan Asfan Hasibuan MKes (Epid) mengungkap penyebab tingginya kasus positif Covid-19 di Riau. Menurut catatan Wildan, setidaknya ada enam penyebab yang membuat angka pasien positif Covid-19 di Riau terus mengalami lonjakan.

“Pertama OTG yang jumlahnya 80 persen itu sulit dideteksi. Kemudian yang kedua, dari hasil analis kami, ternyata sebagian besar penambahan kasus baru pasien positif Covid-19 ini didapatkan dari hasil kontak tracing,” kata Wildan.

Kemudian ketiga, menurut Wildan, semakin banyaknya tes yang dilakukan. Baik rapid test maupun swab test yang dilakukan secara masif. Keempat adalah mobilitas penduduk dari zona merah yang masuk ke Riau itu semakin banyak. “Terutama dari Sumsel dan Sumut itu kan cukup banyak masuk ke Riau, ujarnya.

Kemudian penyebab lonjakan kasus positif Covid-19 di Riau yang kelima adalah, isolasi mandiri di rumah terhadap Orang Tanpa Gejala (OTG) sulit diawasi. “Kan tidak mungkin petugas Puskemas 24 jam mengawasinya. Kemudian yang terakhir, keenam, masih rendahnya kesadaran masyarakat dalam menjalankan protokol kesehatan,” urainya.

Dengan tingginya jumlah kasus terkonfirmasi beberapa waktu belakangan susah selayaknya di setiap perkantoran, baik pemerintah dan swasta mempunya satgas penanganan COVID-19 tersendiri.

“Jadi tugas Satgas internal ini melakukan upaya-upaya pencegahan, seperti menyiapkan tempat cuci tangan, mengatur jarak, dan menegur pegawai maupun karyawan yang tidak memakai masker,” katanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *