Peringatan HUT RI ke 75: Bupati Sukiman Ajak Generasi Muda Isi Kemerdekaan

Bupati Sukiman bersama pejabat Forkompinda mengikuti detik detik Proklamasi peringatan HUT RI ke-75 di Istana Negara yang dilakukan secara virtual serentak se-Indonesia. (Foto: Humas)

ROKAN HULU-Bupati H. Sukiman berharap, perjuangan para pahlawan merebut kemerdekaan menjadi cerminan bagi generasi muda. Walau berbeda suku, agama dan ras, namun generasi muda harus mengisi kemerdekaan dengan pembangunan fisik maupun moral.

Hal itu disampaikan Bupati Sukiman usai mengikuti peringatan HUT RI ke-75 Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (17/8/2020) yang dilaksanakan virtual di Pendopo rumah dinas Bupati Rohul di Desa Pematang Berangan, Kecamatan Rambah.

Bupati juga menyampaikan rasa syukur di momen Kemerdekaan RI ke-75 tahun 2020. Dia berharap, hal itu dapat memupuk rasa solidaritas dan persatuan demi keutuhan NKRI. Selain itu, ia juga mengajak generasi muda Kabupaten Rohul menghargai jasa para pahlawan dengan ikut berpartisipasi dalam pembangunan.

Mantan Dandim Inhil dan Pekanbaru ini turut menceritakan pengalamannya saat memperjuangkan NKRI di Timor Timur tahun 1975 silam.

Sebagai seorang TNI aktif saat itu, Sukiman berjuang untuk keutuhan NKRI. Selain itu, ia pernah ditugaskan di berbagai wilayah di Indonesia dan mengemban sejumlah jabatan.

“Waktu berjuang mempertahan NKRI di Timor Timur ada bagian Timur Barat dan Timor Timur bagian penjajahan Portugis. Dalam pertempuran tidak sedikit kawan seperjuangan saya yang gugur, bahkan ada yang masih lajang lagi,” ungkap Bupati Rohul, Sukiman.

“Kala itu situasi politik di Timor Timur semakin memanas, ada lima partai di Timor timur, namun tiga partai mendukung Indonesia, dan dua partai lagi tidak,” kenangnya.

Di tengah berbagai dinamika yang dihadapi saat ini, Bupati Sukiman mengharapkan perjuangan bersama rekan-rekannya dan Para pahlawan pejuang kemerdekaan di masa lalu menjadi cerminan bagi generasi muda Kabupaten Rohul, karena mereka telah mengorbankan segalanya untuk berjuang meraih dan mempertahankan kemerdekaan RI.

Untuk mengisi Kemerdekaan, para generasi muda dan masyarakat Kabupaten Rohul diajaknya meningkatkan rasa cinta kepada tanah air dan bangsa dan mengedukasikan anak-anak generasi muda cinta tanah air.

“Tidak kalah penting lagi dengan peran kita semua, sekarang ini perjuangan belum selesai. Mari kita tingkatkan terus jiwa dan semangat 45 dengan mewujudkan jiwa pembangunan yang tangguh untuk mengisi kemerdekaan ini dengan usaha dan kerja keras demi terwujudnya cita-cita pendiri bangsa,” ajaknya lagi.

Bupati Sukiman menambahkan walau berbeda-beda adat istiadat, agama dan ras tapi tetap bersatu. Ia mengajak seluruh masyarakat dan semua kalangan tetap menjaga perdamaian, serta tidak mudah terprovokasi, sehingga tidak memecah belah persatuan dan kesatuan demi keutuhan NKRI.

Sebagai kado Rohul di Hari HUT Kemerdekaan RI ke-75, Bupati Sukiman menerima sertifikat tanah dari ATR/BPN Kabupaten Rohul seluas 15 hektare dari Pemprov Riau untuk pembangunan sarana Sport Center. (adv/hms)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *