Mengenal Keutamaan Bulan Muharram dan Amalan yang Bisa Dikerjakan

oleh -1.173 views
Ilustrasi. (Foto:Istimewa)

PEKANBARU-Bulan Muharram merupakan satu dari empat bulan haram atau bulan yang suci di sisi Allah SWT. Lantaran sejumlah keutamaan yang tersimpan pada bulan Muharram, umat Islam dianjurkan memperbanyak amalan.

Allah SWT bahkan melarang umat Islam berbuat kerusakan, terutama pada bulan ini. Lantaran Muharram adalah bulan suci sebagaimana firman dalam Alquran Surat At-Taubah Ayat 36.

“Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah 12 bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram (suci). Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu,” terjemahan QS At Taubah ayat 36.

Empat bulan suci yang dimaksud antara lain bulan Dzulqa’dah, Dzulhijjah, Muharram termasuk di antaranya dan, Rajab. Hal ini juga sesuai hadis sahih dari Bukhari.

“Waktu berputar sebagaimana keadaannya semula ketika Allah menciptakan langit dan bumi. Tahun terdiri dari 12 bulan, empat di antaranya adalah bulan suci, tiga berurutan yaitu Dzulqa’dah, Dzulhijjah, dan Muharram, dan yang keempat adalah Rajab,” Hadis Riwayat Bukhari: 4054 dikutip dari Ensiklopedi Hadist.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *