KRI Bung Tomo Tangkap Kapal Ikan Vietnam di Perairan Natuna

oleh -1.710 views
KRI Bung Tomo. (Foto: TOM-357)

JAKARTA-Kapal perang Republik Indonesia (KRI) Bung Tomo-357 mengamankan satu kapal ikan asing (KIA) Vietnam yang diduga melakukan kegiatan penangkapan ikan ilegal di Laut Natuna Utara.

Pengamanan dilakukan tanpa perlawanan meski kapal tersebut sempat melarikan diri ke luar dari garis landas kontinen Indonesia.

“Sebetulnya ada beberapa KIA yang terdeteksi KRI Bung Tomo-357, namun hanya satu KIA berbendera Vietnam dengan nama KG 90186 TS yang terdeteksi menangkap ikan di wilayah perairan Indonesia di dalam landas kontinen sejauh 1,5 NM dan berhasil kita amankan,” ujar Kadep Ops KRI Bung Tomo, Kapten Laut Edo dalam keterangannya, Selasa (25/8/2020).

Penangkapan dilakukan, Minggu (23/8/2020) lalu ketika kapal BKO Gugus Tempur Laut Koarmada I itu sedang melaksanakan Operasi Rakata Jaya 20 pengamanan garis landas kontinen Indonesia di Perairan Laut Natura Utara.

Kapal tersebut mendeteksi saru kapal ikan asing berbendera Vietnam yang sedang melaksanakan kegiatan penangkapan ikan di dalam garis landas kontinen Indonesia sejauh 1,5 NM di Perairan Laut Natuna Utara.

“KIA Vietnam tersebut berhasil diamankan KRI Bung Tomo-357 tanpa perlawanan, namun mereka sempat melarikan diri ke utara keluar dari garis dan dengan sengaja mematikan lampu kapal,” ulas Edo.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *