Begini Cara Membuat dan Meracik Teh Talua Khas Rang Minang

oleh -608 views
Teh talua dengan cita rasa khas dan tentunya menyehatkan. (Foto: Istimewa)

PEKANBARU-Banyak orang penasaran bagaimana para penjual Teh Telur atau Teh Talua membuat minuman itu terasa enak tanpa mengeluarkan bau amis. Tentu saja tidak sulit.

Berikut tips khusus bagi kamu yang tengah mencari tata cara membuat teh telur khas Minangkabau, agar tidak amis dan bisa dicobakan di rumah.

Teh telur atau teh talua merupakan salah satu minuman khas Padang, yang jika tidak diolah dengan tepat akan terasa amis dan tak sedap. Sesuai namanya teh talua terdiri dari teh yang dicampur dengan telur bebek. Kunci dari amis atau tidaknya teh talua ialah dari cara memisahkan kuning dan putih telur bebek.

“Pokoknya yang paling penting adalah memisahkan betul-betul kuning telur dari putih telur. Karena yang membuat amis adalah putih telurnya,apalagi bagian putih terlur yang teksturnya kental,” ulas Hedri Koto, penjual Teh Telur, beberapa waktu lalu.

Proses membuatan teh telur cukup sederhana. Kamu dapat mencobanya di rumah. Yang perlu disiapkan hanya sebutir telur bebek, teh kental, gula pasir, susu kental manis, kayu manis dan jeruk nipis.

“Untuk telurnya dibuang putihnya, lalu tambah gulanya satu setengah sendok makan, lalu diaduk samapai merata, juga tambahkan serbuk kayu manis secukupnya” jelas pria asli Padang itu.

Tips lainnya adalah gunakan lidi atau tusuk sate sekitar 20-30 tusuk yang diikat menjadi satu saat mengocok kuning telur dan gula pasir. “Biasanya pakai lidi, sulit kalau pakai garpu. Pakai lidi yang diikat satu agar mudah menghancurkan gula pasirnya,” jelas Hedri yang sehari-harinya menyuguhkan teh talua.

Dalam proses mengocok telur yang harus diperhatikan, memastikan gula pasir benar-benar hancur, jika tidak akan mengurangi sensasi nikmat meminum teh telur, karena masih terdapat butiran-butiran gula pasir yang belum hancur atau larut.

“Setelah hancur dan menyatu dengan kuning telur, masukan teh yang sudah diseduh, kalau bisa tehnya yang kental dan setelah itu ditambah dengan susu kental manis satu sendok makan, jangan lupa beri perasan jeruk nipis,” kata Hedri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *