Harimau Sumatera Tewas Mengenaskan Usai Terjerat Kawat di Siak Riau

oleh -820 views
Harimau Sumatera. (Foto:Merdeka.com)

PEKANBARU-Seekor harimau Sumatera (Panthera tigris sumatrae) di Kabupaten Siak, Riau ditemukan mati, setelah terjerat kawat di bagian lehernya. Informasi berawal dari foto kiriman warga yang menunjukkan bangkai harimau terjerat itu tergeletak di semak-semak.

Pada tubuh satwa belang itu terdapat jerat dan banyak lalat mengerumuninya. “Habislah datuk (harimau) kami nanti, penjaga kampung kami. Tak tahu lagi mau lapor ke mana. Tolong usut pelakunya,” kata warga yang tak mau disebutkan identitasnya, Rabu (2/9/2020).

Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau mengakui, foto warga tersebut benar. Seekor harimau Sumatera liar memang telah ditemukan mati akibat jerat di Siak.

“Ini lokasi ditemukannya kematian harimau berada di hutan produksi, sekitar 45 meter dari batas konsesi PT Seraya Sumber Lestari. Konservasi satwa liar dilindungi menjadi tanggung jawab semua pihak, terutama pemangku wilayah, termasuk Dinas LHK Riau dan konsesi,” kata Kepala Bidang Wilayah II BBKSDA Riau, Heru Sukmantoro.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *