Bertemu Dubes India, Plt Walikota Padang Bahas Kerja Sama Government Employee

Plt Walikota Padang Hendri Septa berbincangan dengan Dubes India, Senin (5/10/2020) pagi. (Foto: Istimewa)

PADANG-Plt Walikota Padang Hendri Septa didampingi Asisten Pemerintah dan Kesejahteraan Rakyat Edi Hasymi dan sejumlah kepala OPD menerima kunjungan duta besar India HE. Pradeep Kumar Rawat, Senin (5/10/2020).

Saat itu, Hendri Septa menyampaikan terima kasih kepada Dubes India yang telah bersedia mengunjungi Sumatera Barat dan Kota Padang. “Semoga melalui pertemuan kali ini diharapkan akan dapat mempererat tali silaturahim dan hubungan kerjasama yang akan dan telah terjalin baik selama ini,” ujarnya.

Pertemuan juga dibarengi dengan diskusi yang berlangsung hangat. Hendri menyebut beberapa peluang kerjasama yang ditawarkan Pemerintah India kepada Kota Padang. Di antaranya Government Employee atau kerjasama antar pegawai Pemerintah.

Dimana Pemko Padang bisa mengirim Aparatur Sipil Negar (ASN) untuk mengikuti training ke India selama lebih kurang dua atau tiga bulan. Nanti selama disana mereka dapat mempelajari mengenai budaya (culture), tata kelolah pemerintahan dan hal-hal yang dirasa perlu lainnya untuk nantinya diterapkan di Kota Padang. Dan semua itu gratis karena sudah di tanggung Pemerintah India.

Plt Walikota Padang Hendri Septa menerima kunjungan Dubes India, Senin (5/10/2020) pagi. (Foto: Istimewa)

“Secara geografis Indonesia dan India tidak jauh beda, sama-sama daerah tropis hanya saja India lebih banyak daerah daratan ketimbang Indonesia yang banyak daerah pegunuangan dan tepi pantai. Jadi cukup banyak sebetulnya yang bisa kita kerjasamakan diantaranya adalah mengenai peningkatan sumber daya manusia pegawai pemerintah,” ujarnya.

Hendri Septa berjanji akan menyiapkan ASN Kota Padang untuk melaksanakan dan menerima tawaran tersebut.

Sebagai bentuk keseriusan, Hendri dalam waktu dekat ini juga akan melakukan kunjungan balasan ke Konsulat Jendral India di Kota Medan. “Insya Allah secepatnya kita akan melakukan kunjungan balasan ke Kota Medan untuk memperkuat kerjasama ini,” kata Plt Wako Hendri.

Di antara isu lainnya yang hangat dibacarakan dalam pertemuan yang tetap menerapkan protokol kesehatan tersebut ialah penanganan Covid-19 di kedua negara. Kemudian membahas Tradisi Serak Gulo yang rutin dilaksanakan muslim India di Kota Padang.

Plt Walikota Padang Hendri Septa menyerahkan cenderamata kepada Dubes India. (Foto: Istimewa)

“Mengenai tradisi Serak Gulo kita juga mendapat masukan dari Pak Dubes. Insha Allah masukan-masukan tersebut akan kita gunakan untuk penyempurnaan penyelenggaraan tradisi Serak Gulo dimasa mendatang,” ucap Hendri.

Pertamua juga dihadiri Konsulat Jendral India-Medan HE Raghu Garuraj dan Staf Lokal Kedubes India Juliana. Hadir juga Kepala Dinas Pariwasata dan Kebudayaan Arfian, Kepala Dinas Pendidikan Habibul Fuadi, Kabag Kerjasama Erwin, Kabag Umum Budi Kurniawan dan Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Amrizal Rengganis. (adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *