7 Manfaat Jahe, Mulai Meningkatkan Imunitas Sampai Turunkan Berat Badan

oleh -857 views
Ilustrasi jahe. (Foto: Istimewa)

PEKANBARU-Tak hanya sebagai rempah-rempah, jahe merupakan tanaman obat yang memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh. Manfaat jahe begitu beragam, mulai dari meningkatkan imunitas hingga menurunkan berat badan.

Jahe mengandung gingerol, senyawa bioaktif yang sudah terbukti memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Berikut manfaat jahe untuk kesehatan, melansir Healthline.

Meningkatkan imunitas tubuh
Kandungan gingerol pada jahe dapat meningkatkan imunitas tubuh. Gingerol terbukti memiliki efek anti-inflamasi dan antioksidan yang dapat melawan radikal bebas.

Selain itu, gingerol juga menurunkan risiko infeksi. Studi menunjukkan, ekstrak jahe dapat menghambat pertumbuhan berbagai jenis bakteri. Jahe juga efektif melawan bakteri mulut dan melawan virus penyebab penyakit pernapasan.

Mengobati mual
Jahe dapat mengobati rasa mual yang muncul, terutama rasa mual dan muntah pada ibu hamil.

Konsumsi jahe juga membantu meredakan mual dan muntah pada orang yang menjalani operasi tertentu dan kemoterapi. Studi menunjukkan, 1-1,5 gram jahe dapat membantu mencegah berbagai jenis mual.

Menurunkan berat badan
Jahe juga baik dikonsumsi bagi Anda yang ingin mengurangi berat badan. Studi mendapati suplemen jahe secara signifikan dapat mengurangi berat badan dan rasio pinggang-pinggul.

Studi tahun 2016 terhadap 80 wanita dengan obesitas menunjukkan jahe dapat membantu menurunkan indeks massa tubuh (BMI) dan kadar insulin darah. Kadar insulin darah yang tinggi dikaitkan dengan obesitas. Jahe mampu membantu meningkatkan jumlah kalori yang dibakar oleh tubuh sehingga menurunkan berat badan lebih baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *