9 Makanan Berikut Bisa Turukan Kolesterol dan Cegah Penyakit Jantung

oleh -1.076 views
Makanan kolesterol (Foto: iStock)

Minyak nabati
Menggunakan minyak nabati cair seperti canola serta bunga matahari sebagai pengganti mentega saat memasak dapat membantu turunkan kadar LDL.

Kacang Kedelai
Olahan makanan penurun kolesterol salah satunya adalah yang terbuat dari kacang kedelai. Tahu dan susu kedelai disebut-sebut sebagai cara ampuh untuk menurunkan kolesterol. Analisis menunjukkan bahwa efeknya lebih sederhana, mengonsumsi 25 gram protein kedelai sehari dapat membantu menurunkan LDL sebesar 5 persen hingga 6 persen.

Ikan
Hindari makanan penyebab kolesterol, sebaiknya konsumsi ikan dua atau tiga kali seminggu yang dapat menurunkan LDL. Omega 3 dapat mengurangi trigliserida dalam aliran darah dan juga melindungi jantung dengan membantu mencegah timbulnya irama jantung yang tidak normal.

Sayuran hijau
Sayuran hijau menjadi salah satu yang penting dalam diet jantung. Sayuran juga termasuk ke dalam serat dan mengandung antioksidan tinggi serta rendah kalori. Beberapa jenis sayuran yang mengandung pektin tinggi dapat menjadi makanan penurun kolesterol yang efektif. Sayuran yang mengandung pektin adalah okra, terong, wortel dan juga kentang.

Buah
Buah-buahan yang tinggi akan serat larut dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Sama seperti sayuran hijau, buah yang dipilih adalah buah yang tinggi pektin seperti apel, anggur, jeruk hingga stroberi.

Editor: Boy Surya Hamta
Sumber: Detikfood

Tentang Penulis: Boy Surya Hamta