9 Makanan Berikut Bisa Turukan Kolesterol dan Cegah Penyakit Jantung

Makanan kolesterol (Foto: iStock)

PEKANBARU-Kadar kolesterol tinggi dalam darah, bisa memicu terjadinya penyakit jantung. Salah satu cara untuk mengontrol kadar kolesterol adalah dengan mengonsumsi makanan sehat.

Mengubah makanan apa yang Anda makan bisa menurunkan kolesterol. LDL merupakan singkatan dari low density lipoprotein atau yang sering disebut juga sebagai lemak jahat.

Menambahkan makanan yang menurunkan LDL, partikel berbahaya pembawa kolesterol yang berkontribusi pada aterosklerosis penyumbatan arteri adalah cara terbaik untuk mencapai diet rendah kolesterol.

Beberapa makanan sehat memberikan serat larut yang mengikat kolesterol dan prekursornya dalam sistem pencernaan dan menyeretnya keluar dari tubuh sebelum masuk ke sirkulasi darah.

Oatmeal
Makanan penurun kolesterol yang pertama adalah oatmeal. Dengan menikmati semangkuk oatmeal dapat memberikan Anda 1 hingga 2 gram serat larut. Agar lebih sehat, Anda juga dapat menambahkan pisang atau stroberi untuk setengah gram serat lagi.

Pedoman nutrisi saat ini merekomendasikan untuk mengonsumsi 20 hingga 35 gram serat sehari dengan setidaknya 5 hingga 10 gram dari serat larut.

Barley dan biji-bijian
Seperti oatmeal dan barley serta biji-bijian lainnya dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung, terutama melalui serat larut yang dihasilkannya.

Kacang-kacangan
Kacang sangat kaya akan serat larut. Mereka juga membutuhkan waktu untuk dicerna oleh tubuh yang bisa membuat perut terasa kenyang lebih lama setelah makan. Itulah salah satu alasan kacang merupakan makanan yang bermanfaat bagi orang yang mencoba menurunkan berat badan.

Almond
Dikutip dalam Health Harvard Edu menjelaskan bahwa sejumlah penelitian menunjukkan bahwa makan almond, kenari, kacang tanah dan kacang-kacangan lainnya baik untuk jantung. Makan sekitar 2 ons kacang sehari dapat sedikit menurunkan LDL sekitar 5 persen. Kacang almond memiliki nutrisi tambahan yang melindungi jantung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *