Benar Atau Tidak Kopi Bisa Bikin Mandul, Berikut Faktanya

oleh -726 views
Ilustrasi. (Foto: Istimewa)

Hal ini belum dapat dipastikan apakah hanya berkaitan dengan konsumsi kopi atau gaya hidup lain yang dijalani. Banyak orang justru menjadi stres karena berhenti minum kopi agar cepat hamil. Padahal bisa jadi penyebab sulit hamil karena stres itu sendiri.

“Pria dan wanita tetap boleh minum kopi karena tidak mempengaruhi kualitas sel telur dan sperma. Paling penting adalah keseimbangan,” ujar Roberts.

Sementara mengutip Very Well Family, sebuah penelitian yang dilakukan di Denmark mengungkap bahwa tidak ada kaitannya konsumsi kafein dengan kesuburan. Wanita yang mengonsumsi 300 mg kafein sehari memiliki tingkat kesuburan yang sama dengan wanita yang mengonsumsi kafein 100 mg per hari.

Menurut beberapa ahli gizi, mungkin saja kandungan kafein dalam kopi mempengaruhi kesuburan jika dikonsumsi secara berlebihan. Ada penelitian yang menunjukkan kalau kafein dalam kopi sama sekali tidak berkaitan dengan kesuburan pria maupun wanita.

Studi yang diterbitkan British Journal of Pharmacology, menunjukkan penelitian pada tikus yang diberi kafein berlebih. Efek ini menghambat kontraksi di tuba falopi yang dibutuhkan untuk membawa sel telur ke rahim.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *