Benar Atau Tidak Kopi Bisa Bikin Mandul, Berikut Faktanya

oleh -727 views
Ilustrasi. (Foto: Istimewa)

“Temuan ini memberikan penjelasan menarik kenapa wanita yang mengonsumsi kafein berlebihan butuh waktu lebih lama untuk hamil dibanding wanita yang tidak mengonsumsi kafein,” kata Sean Ward dari University of Nevada di Amerika Serikat.

Sejauh ini belum ada penelitian yang secara tegas menyatakan kalau kopi bisa membuat mandul. Tapi dalam hal apapun, konsumsi makanan atau minuman secara berlebihan memang tidak baik untuk kesehatan.

Lantas berapakah takaran ideal konsumsi kopi harian?
Menurut European Food Safety Authority, batas aman konsumsi kafein bagi orang dewasa tanpa riwayat penyakit tertentu adalah 400 mg per hari. Jumlah ini setara dengan 4 cangkir kopi per hari.

Jumlah ini aman untuk orang dewasa dengan berat badan normal. Namun, bila kamu masuk dalam kategori berat badan kurang, maka kurangi jumlah kafein yang dikonsumsi.

Wanita hamil dan menyusui juga masuk dalam golongan orang yang harus meminimalisir konsumsi kopi. Batas aman konsumsi kopi yakni 200 mg per hari atau maksimal 2 cangkir kopi. Sementara anak-anak di bawah usia 5 tahun sama sekali tidak diperkenankan minum kopi. (*)

Editor: Boy Surya Hamta
Sumber: Detikcom

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *