Pesan Dr. Andani: Jangan Takut Corona, Namun Jangan Lalai

oleh -128 views
Dr. Andani. (Foto: Istimewa)

PADANG-Kepala Laboratorium Pusat Diagnostik dan Riset Penyakit Infeksi Universitas Andalas Padang, Sumatera Barat (Sumbar) Dr. dr. Andani Eka Putra, M.Sc mengingatkan masyarakat untuk tidak jangan takut dengan corona. Namun demikian, masyarakat juga diingatkan untuk tidak lalai terhadap corona.

”Masyarakat kita cenderung lalai. Namun, begitu terinfeksi stress-nya minta ampun. Ini yang menyebabkan kematian, karena stress berlebihan. Kenapa meninggal? Karena jantung, ginjal dan gula tidak terkontrol. Ini yang terjadi. Sudahlah mental tidak kuat dan lalai. Inilah fenomena yang terjadi di masyarakat,” kata Dr. Andani pada webinar “New Normal Bukan Back To Normal, Covid-19 dan Pola Penyebarannya” yang diselenggarakan PT Semen Padang bekerjasama dengan Yayasan Igasar Semen Padang (YISP), Rabu (21/10/2020).

Dingatkan, kalau merasa tidak kuat atau takut menghadapi corona maka jagalah diri dan keluarga. ”Pikirkanlah ketika orangtua positif corona, dan meninggal, sementara kita tidak bisa ketemu orangtua yang meninggal,” ingatnya dihadapan peserta yang merupakan karyawan YISP (pendidik dan tenaga kependidikan) dan perwakilan orang tua siswa.

Rumah Makan/Restoran Rawan

Pada kesempatan itu, Dr.Andani mengingatkan saat ini rumah makan/restoran sangat rawan penularan Covid-19. ”Saat ini hampir tidak ada restoran/ rumah makan yang aman. Dalam sebuah tes swap pada salah satu restoran, hampir 30 persen karyawannya terfeksi,” bebernya.

Parahnya, konsumen kita tidak pakai masker di restoran. ”Tambah jelek lagi, petugas restoran tidak pakai masker. Restoran kini jadi salah satu titik masalah penyebaran Covid-19,” tukasnya.

Bagaimana cara mengatasi penyebaran covid dari restoran?
”Caranya dengan melakukan pemeriksaan gratis bagi pengelola dan karyawan restoran. Digratiskan agar bapak ibu nyaman.”

Kepada warga Kota Padang, Dr.Andani mengingatkan agar tidak banyak keluar rumah karena angka infeksi Covid-19 di Padang tinggi. Juga meminta kepada masyarakat untuk mewaspadai aktivitas perjalanan dinas, mudik, wisata dan baralek.

Sementara itu, Kepala Departemen Komunikasi dan Hukum Perusahaan PT Semen Padang Oktoweri mengatakan, webinar ini merupakan yang kelima digelar dengan tujuan memberikan edukasi jajaran Yayasan Igasar Semen Padang yang bagian dari keluarga besar Semen Padang. (*)

Penulis: Hendri Parjiga
Editor: Boy Surya Hamta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *