BMKG: Sejak Sepekan Terakhir Sudah 17 Kali Gempa Guncang Sumbar

oleh -584 views
Ilustrasi. (Foto: Istimewa)

PADANG-Badan Meterologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Padang Panjang mencatat, medio 15-21 Oktober 2020 sudah terjadi 17 kali gempa di Sumatera Barat (Sumbar).

Beberapa hari terakhir, masyarakat sering dikejutkan dengan sejumlah gempa yang berpusat di kawasan Pagai Selatan, Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat.

Kasi Data dan Informasi BMKG Padang Panjang Mamuri mengatakan, pihaknya mencatat ada 17 kali gempa terjadi dari 15 Oktober 2020.

“Untuk dirasaknya, ada enam gempa yang cukup dirasakan dari Painan, Mentawai, Muko-Muko hingga Bengkulu. Rata-rata kekuatan yang dirasakan masyarakat berada pada level II sampai III MMI,” kata Mamuri di Kota Padang Panjang, Rabu (21/10/2020).

Disebutkan, dari 17 kali gempa tersebut, sebanyak 6 gempa berada pada Magnitudo (kekuatan gempa) di atas 5. Gempa didominasi berpusat di kawasan Pagai Selatan, Kepulauan Mentawai dengan jarak dari titik gempa mulai 17 hingga 46 kilometer.

“Sedangkan untuk kedalamannya sendiri rata-rata dari 10 hingga 27 kilometer dibawah permukaan laut. Rata-rata gempanya termasuk gempa dangkal, namun tidak berpotensi tsunami,” jelas Mamuri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *