Masyumi Kembali, Berencana Melebur dengan Partai Amien Rais

oleh -1.288 views
Amin Rais. (Foto: Republika)

JAKARTA-Partai Masyumi kembali bangkit, setelah sejumlah petinggi Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) mendeklarasikannya, Sabtu (7/11/2020). Deklarasi bertepatan dengan Hari Ulang Tahun ke-75 Partai Masyumi di Gedung Dewan Dakwah, Jakarta Pusat.

“Kami yang bertanda tangan di bawah ini, mendeklarasikan kembali aktifnya Partai Politik Islam Indonesia yang dinamakan ‘Masyumi’,” ujar Ketua Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Partai Islam Ideologis (BPU-PPII) A. Cholil Ridwan dalam deklarasi yang disiarkan secara virtual, Sabtu (7/11/2020).

Para deklarator menyebut, kebangkitan Masyumi dipicu semakin berkurangnya partai Islam ideologis. Partai ini disebut akan berjihad demi terlaksananya ajaran dan hukum Islam di Indonesia.

Dalam kesempatan itu, deklarator mengajak sejumlah tokoh Islam untuk bergabung. Beberapa nama yang disebut adalah pendakwah Abdul Somad, mantan Ketua MPR RI Amien Rais dan Imam Besar FPI Rizieq Shihab.

Lalu ada Penasihat Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Abdullah Hehamahua, mantan Menteri Kehutanan MS Kaban, Wasekjen MUI Tengku Zulkarnain, Budayawan Ridwan Saidi dan Kiai Abdul Rosyid Syafei.

Menanggapi ajakan itu, Amien Rais disebut membuka diri untuk bergabung. Loyalis Amien Rais, Agung Mozin menyebut, pihaknya sedang menunggu hasil survei untuk menentukan kebijakan.

Pasalnya, Amien Rais dkk juga sedang merencanakan pembentukan partai baru usai disingkirkan pasca kongres PAN. Mereka akan membentuk Partai Ummat akhir tahun ini.

“Pak Amien menyampaikan jika dalam perjalanan nanti, setelah dilakukan survei oleh lembaga terpercaya dan Partai Ummat lebih besar, Masyumi reborn silakan bergabung dengan Partai Ummat, demikian juga sebaliknya,” ucap Agung lewat pesan tertulis, Sabtu (7/11/2020).

“Pak Amien menyambut semangat kelahiran kembali Masyumi,” imbuhnya. (*)

Editor: Boy Surya Hamta
Sumber: CNNIndonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *