Inilah Nama-nama Jenderal Calon Pengganti Kapolri Idham Azis

oleh -1.534 views
Ilustrasi. (Foto: Medcom)

Mereka adalah Kapolda Metro Jaya Irjen Fadhil Imran, Kapolda Jawa Tengah Irjen Ahmad Lutfhi dan Kapolda Jawa Barat Ahmad Dofiri.

Sejatinya, ada dua nama jenderal polisi bintang dua yang sebelumnya juga menguat, yakni mantan Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sudjana dan mantan Kapolda Jawa Barat Rudy Sufahradi Novianto. Namun, kedua figur itu dicopot beberapa hari lalu.

Keduanya dicopot karena dianggap tidak melaksanakan penegakan hukum protokol kesehatan di wilayahnya. Diduga kuat, kegiatan dimaksud adalah kerumunan akad pernikahan Putri Rizieq Shihab dan kegiatan kerumunan maulid nabi pentolan FPI tersebut.

Dengan begitu, setidaknya ada 11 Komjen dan 3 Irjen yang berpeluang menjadi pengganti Idham Azis. Rinciannya sebagai berikut:

Wakil Kapolri Komjen Pol Gatot Eddy Pramono
Komjen Gatot Eddy merupakan jenderal polisi berusia 55 tahun kelahiran Solok, Sumatera Barat. Dia merupakan alumni akademi polisi tahun 1988. Sebelum menjabat sebagai Wakapolri, dia menjabat sebagai Asisten Perencanaan dan Anggaran Kapolri tahun 2018. Dia juga adalah tokoh senior dalam korps Bhayangkara.

Berbagai jabatan pernah dia emban dari Direktur Reserse Kriminal Umum Kepolisian Daerah Metro Jaya hingga Wakapolda Sulawesi Selatan.

Inspektorat Pengawasan Umum Komjen Pol Agung Budi Maryoto
Komjen Pol Agung Budi Maryoto merupakan seorang perwira tinggi Polri berusia 55 tahun yang lahir di Cilacap, Jawa Tengah. Namun, peluang Komjen Agung untuk menjadi Kapolri dinilai sulit.

Sebab, dia merupakan alumni Akpol angkatan 1987 yang notabene angkatan di atas jenderal Idham Azis yang merupakan angkatan 1988. Namun demikian, peluang Komjen Budi tetap terbuka.

Sebab, setidaknya dia memiliki berbagai pengalaman yang mumpuni. Di antaranya, Kapolda Kalimantan Selatan, Kakorlantas Polri, Kapolda Sumatera Selatan, Kapolda Jawa Barat hingga Kabaintelkam Polri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *