DPRD Taja Paripurna Pengesahan APBD 2021 Sebesar Rp 3,2 Triliun

Pj Bupati Syahrial Abdi menandatangani berkas pengesahan APBD 2021. (Foto: Istimewa)

BENGKALIS-DPRD Kabupaten Bengkalis menggelar paripurna pengesahan APBD tahun anggaran 2021. Dimana total keseluruhan APBD Bengkalis Tahun Anggaran 2021 sebesar Rp3.224.258.422.662 atau Rp3,2 triliun.

APBD tahun 2021 terdiri dari beberapa komponen, pertama pendapatan daerah sebesar Rp3.045.851.260.501 terdiri dari pendapatan daerah, pendapatan transfer dan lain-lain.
Kedua, belanja daerah sebesar Rp3.224.258.422.662 terdiri dari belanja operasi, belanja modal, belanja tidak terduga dan belanja transfer.

Ketiga, pembiayaan daerah berupa penerimaan pembiayaan sebesar Rp.178.407.162.161.

Rincian APBD tersebut mencakup penyelenggaraan pembangunan dalam semua urusan yang menjadi kewenangan daerah, terutama urusan konkuren sebagaimana diatur dalam Permendagri Nomor 64 Tahun 2020 tentang pedoman penyusunan APBD 2021, yaitu pemenuhan anggaran fungsi pendidikan minimal 20 persen.

Kemudian anggaran kesehatan minimal 10 persen, anggaran pendidikan dan pelatihan bagi ASN minimal 0,16 persen, penguatan pembinaan dan pengawasan inspektorat daerah minimal 0,50 persen dari total belanja daerah.

“Disamping itu, dalam rangka penerapan tatanan hidup baru, produktif dan aman dari Covid-19, khususnya untuk pemulihan di bidang ekonomi (pemulihan ekonomi nasional) kita juga mengalokasikan anggaran secara memadai guna mendukung kebijakan dari pemerintah pusat. Selain itu kita juga mengalokasikan anggaran sebagai antisipasi dampak bencana alam seperti banjir dan karhutla untuk Tahun 2021 ini,” ujar Pj Bupati Bengkalis Syahrial Abdi dihadapan anggota DPRD dan undangan lainnya.

Setelah disahkannya APBD tahun 2021 ini, Syahrial Abdi langsung mengintruksikan seluruh perangkat daerah dan unit kerja Pemkab Bengkalis sebagai pengguna anggaran untuk segera mempersiapkan seluruh administrasi, prosedur, teknis dan langkah-langkah percepatan pelaksanaan program dan kegiatan secara berjenjang dan buatlah time schedule masing-masing kegiatan.

“Karena apa yang dianggarkan, menjadi kewajiban yang melekat dan akan dipertanggung jawabkan oleh masing-masing Perangkat Daerah di Bengkalis. Dukungan serta dorongan, menjadi kunci utama bagi kami untuk menyelesaikan program yang telah dicanangkan. Selain itu, kami juga berharap kritik dan saran dari masyarakat demi kemajuan Kabupaten Bengkalis yang lebih baik kedepannya,” harap Abdi.

Paripurna turut dihadiri Sekretaris Daerah H. Bustami HY, Asisten Perekonomian dan Pembangunan H Heri Indra Putra serta Kepala Perangkat Daerah serta Pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkalis. (inf)

Exit mobile version