Filipina Pesan Pesawat Buatan Indonesia, Sebelumnya Senegal dan Afrika

oleh -421 views
PT Dirgantara Indonesia ekspor satu pesawat tipe CN235-220 Military Transport ke Nepal untuk Nepalese Army. (Foto: CNBCIndonesia)

JAKARTA-Indonesia segera mengekspor pesawat. Selain CN235 yang sudah dipesan Senegal dan Afrika Utara. Kini, Filipina menjadi negara berikutnya yang memesan produk buatan Indonesia tersebut. Pesawat yang akan dibeli adalah NC212.

Direktur Niaga PT Dirgantara Indonesia Ade Yuyu Wahyuna mengungkapkan, kerjasama ini merupakan kelanjutan dari yang sudah terjalin sebelumnya.

“Tahun depan Insya Allah Filipina butuh NC212. Ini lanjutan dari kerjasama sebelumnya. Sebelumnya sudah deliver dua unit ke Filipina. Ternyata mereka merasa pas, akhirnya mereka akan memesan kembali. Awalnya tahun 2020, namun karena ada pandemi, geser ke 2021,” kata Ade, Jumat (11/9/2020).

Pengiriman pesawat sebelumnya terjadi pada tahun 2018 silam, yakni untuk Armed Force Filipina. “NC 212 disana kebutuhan 6 unit lagi. 2 unit pertama sudah. Jadi total kebutuhan 8 lah,” jelas Ade.

Namun, Ade belum bisa merinci nilai penjualan dari masing-masing pesawat. Saat ini, proses diskusi untuk menemukan spesifikasi yang pas masih terus berjalan. Filipina sebagai klien bisa jadi menginginkan spesifikasi yang lebih tinggi.

“Yang Filipina harus didefinisikan. Dia ada pagunya minta ada semacam integrated logistic support-nya. Jatuhnya jadi berapa saya belum bisa kasih angka satu-satunya dulu,” sebutnya.

Nilainya bisa jadi tidak jauh berbeda dengan pesawat yang dibeli Senegal untuk CN235 yang berkisar Rp 423 miliar. Bukan angka yang kecil, namun nyatanya sudah banyak negara lain yang menggunakan, di antaranya digunakan Thailand untuk Ministry of Agriculture and Cooperatives (MOAC). Sementara Vietnam untuk Vietnam Air Force juga Malaysia dan Korea Selatan.

Untuk diketahui, PT DI sudah memproduksi NC212 ini sejak 1976. Kode NC yang dimiliki 212 merupakan kode Nusantara-Casa. (*)


Editor: Boy Surya Hamta
Sumber: CNBCIndonesia.com

Tentang Penulis: Boy Surya Hamta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *