News  

DPR Minta Presiden Segera Kirimkan Usulan Nama Calon Kapolri Pengganti Idham Aziz

Ilustrasi. (Foto: Medcom)

JAKARTA-Komisi III DPR RI meminta Presiden Jokowi segera mengirimkan usulan nama calon Kapolri, pengganti Jenderal Idham Azis yang pensiun, akhir Januari 2021.

Anggota Komisi III DPR Didik Mukrianto mengatakan, sampai hari ini DPR belum menerima pemberitahuan tentang pengusulan calon Kapolri dari Presiden Jokowi.

“Pastinya pengusulan tersebut harus segera diusulkan Presiden, mengingat tanggal 25 Januari 2020 Kapolri Idham Azis akan memasuki purna tugas,” ujar Didik, Kamis (7/1/2021).

Dikatakan, setelah nama calon Kapolri diusulkan Presiden ke DPR, Komisi III akan menjalankan amanat Undang-Undang Nomor 2 tahun 2020. “Mulai dari fit and proper test di Komisi III sampai pengambilan keputusan baik di Komisi III maupun di rapat paripurna terkait sikap DPR RI menyetujui atau menolak usulan Presiden,” ujar Didik.

Didik menilai, Presiden saat ini masih melakukan persiapan mengusulkan nama dengan mempertimbangkan masukan dari Wanjakti Polri dan Kompolnas.

Terkait diskursus publik yang cukup dinamis terkait penggantian Kapolri, kata Didik, merupakan bentuk kecintaan masyarakat terhadap kepolisian negara republik Indonesia.

“Sekaligus harapan besar masyarakat akan hadirnya Kepolisian yang lebih baik, yang terus mampu menjaga keamanan dan ketertiban, menjadi pengayom dan pelayan masyarakat, serta terus menegakkan hukum secara fair dan adil untuk semua,” tuturnya.

“Menjalankan tugas dan kewenangan secara proper, profesional dan akuntabel, serta terus menempatkan polisi sebagai institusi yang independen dan netral terhadap semua kepentingan, apalagi kepentingan politik praktis,” sambung Didik.

Diketahui, ada sejumlah nama jenderal bintang tiga yang berpeluang menjadi Kapolri, di antaranya Listyo Sigit Prabowo, Gatot Eddy Pramono, Boy Rafli Amar dan Agus Andrianto. (*)

Editor: Boy Surya Hamta
Sumber: TribunPekanbaru

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *