Sampah Menumpuk di Pekanbaru, Opit: Harus Ada Solusi Menyeluruh

oleh -195 views
Taufiq Erman. (Foto: Istimewa)

PEKANBARU-Pernah dijuluki sebagai Kota Adipura, kini Kota Pekanbaru menghadapi persoalan sampah dan tak kunjung teratasi sejak beberapa tahun terakhir. Awal 2021 ini, Pekanbaru telah menjelma menjadi ‘kota sampah’.

Pihak ketiga yang dipercaya menangani sampah, enggan untuk menjalankan tugasnya. Entah apa sebabnya, sehingga sampah dibiarkan bertumpuk di sejumlah lokasi. Tak hanya mengganggu pemandangan dan wajah kota, namun juga berdampak bagi lingkungan dan kesehatan masyarakat.

“Pemerintah membutuhkan solusi menyeluruh dalam mengatasi permasalahan sampah yang berdampak pada lingkungan itu. Untuk menyelesaikan masalah sampah harus dimulai dari hulu ke hilir dengan melibatkan semua pihak,” kata Tokoh Muda Kota Pekanbaru, Taufiq Erman dalam perbincangannya dengan FokusRiau.Com, Minggu sore.

Taufiq mengaku prihatin dengan persoalan sampah yang tak pernah selesai sampai sekarang. Sampah menggunung tanpa ada penanganan. “Jika persoalan ini terus dibiarkan, tentu akan menimbulkan masalah baru, khususnya terkait dengan kesehatan masyarakat,” ucap pria yang akrab disapa Opit ini.

Tersebab itu, Opit sangat berharap Pemerintah Kota Pekanbaru bisa segera menyelesaikan masalah sampah yang kini memunculkan keresahan di masyarakat.

“Kita berharap, Pemko Pekanbaru memberi solusi yang tepat untuk mengatasi masalah ini. Karena dampaknya akan memunculkan benih penyakit lain. Dan juga merusak pemandangan kota yang dulu dikenal dengan kebersihannya,” tukasnya. (*)

Penulis: M Yasier
Editor: Boy Surya Hamta

Tentang Penulis: Boy Surya Hamta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *