6 Kecamatan di Tanjungpinang dan Bintan Terendam

oleh -154 views
Sebagian wilayah di Tanjungpinang terendam air, termasuk Kabupaten Bintan.(Foto: Dok Basarnas Tanjungpinang)

BINTAN-Hujan lebat mulai Jumat sampai Minggu (8-10/1/2021) membuat sebagian wilayah Tanjungpinang terendam air. Tidak hanya Tanjungpinang, sebagian daerah di Kabupaten Bintan juga kebanjiran.

Untuk Tanjungpinang sendiri, lokasi yang terendam air meliputi kawasan Jl Bhayangkara, Makam Pahlawan KM.5, Jl Satria KM.11, Jl Nusantara KM.13, Perum Gesya Jl RH Fisabilillah KM.8 dan Kampung Pisang. Sementara di Kabupaten Bintan, sebagia kawasan Kecamatan Bintan Utara, Bintan Timur dan kawasan Kijang.

Humas Basarnas Tanjungpinang, Agung mengatakan, saat ini Tim SAR tetap siaga. Mengingat saat ini hujan di Tanjungpinang dan Kabupaten Bintan masih cukup deras dan tidak ada tanda-tanda untuk reda. “Kami standby dan sekarang sedang proses evakuasi,” kata Agung, Minggu (10/1/2021).

Dikatakan, untuk update terbaru, wilayah Tanjungpinang Barat hampir semuanya tergenang air. Tidak hanya itu, akibat dari genangan air yang terus meninggi, ULP PLN Bintan Center melakukan pemadaman emergency. “Beberapa Gardu Listrik milik PLN mulai terendam, sehingga dilakukan pemadaman,” terang Manager ULP Bintan Center, David Ericson Sibarani.

Untuk lokasi Kabupaten Bintan proses evakuasi juga telah dilakukan, Seperti di Kijang seluruh rumah warga yang teredam berhasil dievakuasi. “Alhamdulillah sejauh ini tidak ada korban jiwa dan dipastikan jika hujan tidak reda hingga malam hari ini, titik rendaman air bisa saja meluas, terutama dikawasan dataran rendah yang ada di Tanjugpinang dan Kabupaten Bintan,” terang Agung.

Dikatakan, berdasarkan perkiraan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) bahwa wilayah Kepri, khususnya wilayah kerja Basarnas Tanjungpinang, kejadian akan masih berpeluang terjadi, sehingga warga Kepri diminta selalu waspada.

“Informasi dari BMKG kejadian ini karena angin utara yang memiliki kecepatan lima sampai 35 kilometer per jam, sehingga membuat hujan yang tidak ada henti-hentinya sejak Jumat kemarin hingga hari ini,” ujarnya. (*)

Editor: Boy Surya Hamta
Sumber: Kompas.com

Tentang Penulis: Boy Surya Hamta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *