Ingin Turunkan Berat Badan Tanpa Olahraga? Cobalah 10 Tips Ini

Ilustrasi makan siang. Salah satu tips turun berat badan tanpa olahraga adalah makan tanpa gangguan aktivitas lain (Foto: Picjumbo/Viktor Hanacek)

PEKANBARU-Perpaduan umum bagi seseorang dalam menurunkan berat badan adalah menjaga asupan makanan dan berolahraga. Namun, terdapat sejumlah tips turun berat badan tanpa olahraga.

Hal ini dilakukan dengan mengontrol secara serius hal yang dikonsumsi tubuh, terutama mengontrol kadar konsumsi kalori. Selain untuk menurunkan berat badan, cara-cara ini juga bisa mencegah kenaikan berat badan di masa mendatang.

Berikut terdapat sejumlah cara, dari yang mudah hingga yang membutuhkan banyak upaya untuk menyiasati tujuan menurunkan berat badan tanpa harus berolahraga:

Mengunyah Pelan-pelan
Tidak hanya bicara soal apa yang dimakan, tapi cara makan juga dapat mempengaruhi berat badan seseorang. Semakin sempurna makanan terkunyah dan terolah, maka semakin baik untuk melewati proses selanjutnya.

Menurut penelitian yang dilansir Healthline, orang yang mengunyah dengan cepat punya kecenderungan lebih berisiko menambah berat badan, hingga obesitas. Jadi, biasakan mengunyah makanan dengan tenang dan lambat.

Gunakan Piring Kecil
Cara ini bersifat sugestif, dengan cara membiasakan menggunakan piring atau mangkuk yang lebih kecil saat makan. Hal tersebut membuat seseorang otomatis mengonsumsi porsi yang lebih kecil.

Piring kecil membuat porsi makanan terlihat lebih besar. Sebaliknya, piring besar membuat porsi makanan terlihat lebih sedikit. Gunakan cara ini terutama untuk makanan-makanan yang tidak sehat.

Makan Banyak Protein
Konsumsi protein dapat menciptakan rasa kenyang pada seseorang. Penelitian menyatakan bahwa orang yang mengkonsumsi makanan kaya protein akan lebih mampu mengontrol rasa lapar.

Jika rasa lapar lebih terkontrol, maka seseorang akan lebih mampu mengendalikan jumlah kalori yang dikonsumsi.

Simpan Jauh-jauh Makanan Tidak Sehat
Jika Anda sudah terlanjur memiliki makanan tidak sehat di tempat tinggal Anda, maka tips turun berat badan tanpa olahraga ini baik dilakukan. Simpan jauh-jauh makanan tidak sehat dari jangkauan Anda.

Kalau bisa, simpan makanan-makanan tersebut hingga tak terjangkau dari pandangan Anda, sehingga memungkinkan bahwa Anda tidak sadar memilikinya.

Sebuah studi yang dikutip oleh Healthline menyatakan keberadaan makanan yang terlihat di tempat tinggal seseorang berpengaruh tidak langsung pada berat badan penghuni.

Makan Makanan Kaya Serat
Makanan kaya serat juga dapat menimbulkan rasa kenyang pada tubuh seseorang. Selain itu, makanan kaya serat bisa lebih lama mempertahankan rasa kenyang.

Serat membentuk gel ketika bertemu dengan air dalam tubuh. Kondisi itu kemudian meningkatkan waktu tubuh saat menyerap nutrisi dari makanan.

Banyak Minum Air
Minum air secara berkala juga dapat membantu seseorang menurunkan berat badan. Hal tersebut lebih efektif jika dilakukan sebelum makan.

Penelitian menyebut, meminum air setengah liter sebelum makan bisa mengurangi rasa lapar dan keinginan konsumsi kalori dalam tubuh.

Kurangi Porsi Makan
Secara sederhana, semakin banyak asupan makanan maka semakin besar pula sumbangan untuk berat badan. Maka dari itu, secara sadar dan kebiasaan mengurangi porsi makanan baik dalam upaya menurunkan berat badan.

Makan dengan Fokus
Makan tanpa gangguan kegiatan lain dapat membantu upaya seseorang dalam menurunkan berat badan. Hal tersebut berkaitan dengan tidak sadarnya seseorang pada porsi makan yang dikonsumsi.

Kegiatan yang sering mengganggu fokus makan antara lain adalah menonton TV, bermain gadget, dan mengobrol dengan seseorang.

Tidur Lebih Banyak, Kurangi Stres
Kualitas dan kuantitas tidur yang lebih baik berpengaruh besar pada tingkat stres di diri seseorang. Kedua hal tersebut juga bisa jadi salah satu cara menurunkan berat badan tanpa olahraga.

Kurang tidur dapat memicu gangguan kerja-kerja hormon yang bertugas mengontrol nafsu makan, begitu juga dengan stres.

Hindari Minuman Manis
Gula yang terkandung dalam makanan atau minuman tentu bisa jadi pemicu penambahan berat badan. Maka dari itu, menghindari minuman manis dan biasa menggantinya dengan air mineral adalah kebiasaan yang baik.

Jika hal tersebut terus dilatih pada diri seseorang, maka hal tersebut dapat mendukung niat diet atau tujuan Anda menurunkan berat badan. Itu lah sejumlah tips turun berat badan tanpa olahraga. Hal tersebut sebaiknya dilakukan berkala, tapi tidak menyampingkan daya tahan tubuh. (*)


Sumber: CNNIndonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *