Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Galeri Foto

Bupati HM Wardan Kukuhkan Kepengurusan DPC APDESI Inhil 2017-2022

Jumat, 08 Desember 2017 - 07:14:27 WIB

Bupati HM Wardan memberikan sambutan jelang pengukuhan pengurusan APDESI. (Foto:Istimewa)

INDRAGIRI HILIR-Bupati HM Wardan mengukuhkan kepengurusan Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Asosiasi Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kabupaten Inhil periode 2017-2022 yang berlangsung di gedung Puri Cendana, Tembilahan, Senin (4/12/2017).

Selain itu, Bupati juga mengukuhkan Sekretaris Eksekutif APDESI Kabupaten Inhil periode 2017-2022. Pada kesempatan itu, HM Wardan menaruh harapan besar kepada DPC APDESI Inhil untuk lebih gencar menjalankan tugas dan fungsinya demi memajukan kawasan perdesaan di Inhil.
 
 
Bupati HM Wardan menyerahkan bendera APDESI kepada ketua terpilih.(Foto:Istimewa) 
 
"Setelah adanya legal formal, besar harapan saya agar APDESI memiliki peran penting dalam upaya membangun desa sehingga setiap desa seluruh Inhil dapat menjadi desa yang lebih maju," katanya.

Upaya yang paling nyata dalam membangun kawasan perdesaan adalah dengan direalisasikannya program prioritas di Kabupaten Inhil, yakni program Desa Maju Inhil Jaya (DMIJ). "Di awal pemerintahan saya, dalam pembahasan APBD Inhil tahun anggaran 2014 kita mengusulkan program yang menitikberatkan pembangunan di kawasan perdesaan untuk menggapai visi spirit baru Indragiri Hilir menjadi Kabupaten Maju, Bermarwah dan Bermartabat," urainya.

DMIJ dalam pelaksanaannya juga mengedepankan prinsip pemberdayaan masyarakat untuk menyusun rancangan pembangunan desa berdasarkan kebutuhan di masing-masing desa. "Segenap komponen masyarakat bisa langsung mengusulkan kegiatan pembangunan sesuai dengan kebutuhan mayoritas masyarakat di suatu desa. Sehingga, tidak ada lagi pembangunan yang dilaksanakan tidak tepat sasaran," urai Bupati.
 
 
Bupati HM Wardan menandatangani surat keputusan pengukuhan pengurusan APDESI. (Foto:Istimewa) 
 
Demi kesuksesan pembangunan melalui pelaksanaan program DMIJ secara komprehensif, Bupati meminta, terjalinnya kekompakan seluruh komponen masyarakat, termasuk para Kepala Desa yang terhimpun dalam DPC APDESI Inhil.

"Alhamdulillah, salah satu yang menjadi indikator kesuksesan pelaksanaan program DMIJ, beberapa waktu lalu, Saya yelah menerima penghargaan pin emas dari Kapolri (Pol) Tito Karnavian," ungkap Bupati.

Ketua APDESI Inhil H Palaloi mengucapkan terima kasih kepada Bupati Inhil, HM Wardan, karena telah memberikan perhatian yang cukup besar terhadap DPC APDESI Inhil.
 
 
Bupati HM Wardan menyalami Ketua APDESI Inhil H Palaloi. (Foto:Istimewa) 
 
Palaloi mengatakan, sejumlah pengurus DPC APDESI Kabupaten Inhil sejak 4 bulan lalu, telah melakukan konsolidasi untuk mencapai tujuan, yakni terbentuknya Dewan Pimpinan Kecamatan (DPK) APDESI se - Kabupaten Inhil. "Alhamdulillah, kami telah berhasil membentuk 20 DPK se - Kabupaten Inhil berkat jerih payah sejumlah pengurus APDESI Kabupaten Inhil dan beberapa pihak lainnya," ungkapnya.

Dijelaskan, berpedoman pada Undang-Undang Nomor 6 tahun 2014 tentang Desa telah diamanahkan pemerolehan alokasi dana sebesar 10 persen dari total APBD tingkat I (Satu) Kabupaten. Karenanya, Palaloi menegaskan, agar amanah tersebut dapat direaliasasikan.

"Alokasi dana sebesar 10 persen ini diperuntukkan bagi terselenggaranya pembangunan kawasan perdesaan. Saya mengapresiasi, amanah perundang - undangan tersebut telah direalisasikan, bahkan totalnya lebih dari apa yang perintahkan Undang-undang," ujar Palaloi. (adv/diskominfo)
 
Bupati HM Wardan menandatangani spanduk DMIJ. (Foto:Istimewa) 
 
 
Bupati HM Wardan bersama pengurusan APDESI foto bersama. (Foto:Istimewa)  


Galeri foto terkait :

Terkini
Terpopuler


 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus