Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Galeri Foto

Bupati Syamsuar Terima Dua Penghargaan, Dana Rakca Award dari Presiden Jokowi dan Ombudsman

Jumat, 08 Desember 2017 - 07:25:23 WIB

Bupati Syamsuar menerima penghargaan dari Menteri Keuangan Sri Mulyani. (Foto:Humas/FokusRiau.Com)

SIAK-Jelang berakhirnya tahun 2017, Pemerintah Kabupaten Siak kembali menorehkan prestasi membanggakan. Kali ini, Bupati Syamsuar menerima penghargaan Dana Rakca Award dari Presiden Jokowi yang diserahkan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati di Aula Dhanapala Kantor Kementrian Keuangan, Rabu (6/12/2017).

Sebanyak tujuh kabupaten di Indonesia didaulat menerima penghargaan, salah satu Kabupaten Siak yang masuk dalam lima besar Penghargaan Dana Rakca Award. "Alhamdulillah, kita menerima anugerah Dana Rakca Award 2017. Penyerahan tadi diberikan Menkeu Sri Mulyani," kata Syamsuar usai menerima penghargaan. 
 
 
Menteri Keuangan Sri Mulyani menyalami Bupati Syamsuar usai menyerahkan penghargaan. (Foto:Humas/FokusRiau.Com)
 
Syamsuar didampingi Kepala Badan Keuangan Daerah siak Yan Pranajaya tak membantah, Kabupaten Siak menjadi satu-satunya daerah di Sumatera yang menerima penghargaan tersebut. 

Adapun penilaian yang dilakukan, sehingga Kabupaten Siak berhak menerima anugerah Dana Rakca Award 2017, menurut Syamsuar, karena Pemkab Siak dinilai mempunyai kinerja baik dalam kesehatan fiskal dan pengelolaan keuangan daerah.
 
Menteri Keuangan Sri Mulyani bersama Bupati Syamsuar dan kepala daerah foto bersama usai menerima penghargaan. (Foto:Humas/FokusRiau.Com) 
 
Selain itu, Pemkab Siak dinilai memiliki pelayanan dasar publik pendidikan kesehatan cukup baik. "Kita juga dinilai memiliki pekerjaan umum dan ekonomi serta kesejahteraan masyarakat yang cukup baik. Sehingga mendapat 
anugerah Dana Rakca Award 2017," ulas Syamsuar. 

Penghargaan ini sangat berarti bagi Pemkab Siak dan tentunya akan semakin memicu serta memotivasi Pemkab Siak untuk berbuat lebih baik. "Patut saya ucapkan terima kasih kepada seluruh satker di Siak atas kinerjanya. Mereka sudah memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Penghargaan ini juga tak lepas dari dukungan semua elemen dan masyarakat di Siak," tukasnya.
 
 
Bupati Syamsuar bersama sejumlah pejabat Pemkab Siak usai menerima penghargaan. (Foto:Humas/FokusRiau.Com) 
 
Penghargaan Ombudsman
Sebelumnya, Pemkab Siak juga memperoleh predikat Implementasi Kepatuhan Tertinggi dari Ombudsman Republik Indonesia. Penghargaan diberikan dalam acara penganugerahan predikat kepatuhan terhadap standar pelayanan publik yang diterima langsung oleh Bupati Siak H Syamsuar yang didampingi Kepala Dinas Penanamanm modal dan pelayanan terpadu satu pintu Heriyanto SH di Balai Kartini, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Selasa (5/12/2017). 

Untuk mempercepat peningkatan kualitas pelayanan publik dan sebagai pelaksanaan peraturan Presiden RI No 2 tahun 2015 tentang rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional 2015-2019,Ombudsman RI mendorong penyelenggaraan pelayanan publik mematuhi amanat UUD No 25 tahun 2009 tentang Pelayanan publik.
 
 
Bupati Syamsuar menerima penghargaan dari Ombudsman atas pencapaian predikat Implementasi Kepatuhan Tertinggi. (Foto:Humas/FokusRiau.Com) 
 
Selain itu juga,berdasarkan hasil penilaian kepatuhan standar pelayanan publik yang dilakukan terhadap produk pelayanan administrasi di Kabupaten Siak,dari 58 produk layanan admnisitrasi diperoleh nilai 89,11 dan masuk. Dalam zona hijau dengan presikat kepatuhan.predikat kepatuhan tinggi diperoleh dengan rentang nilai 80-100,untuk kepatuhan sedang dan zona kuning diperoleh dari rentang nilai 51-80.

Ketika ditemui,Syamsuar mengatakan,dengan komitmen bersama dalam meningkatkan dan memberikan pelayanan terbaik yang harus memenuhi standar perizinan dimulai dari fasilitas dan lainnya,sehingga bisa memberikan pelayanan terpadu yang baik bagi masyarakat dalam mengurusi perizinan.
 
 
Bupati Syamsuar usai menerima penghargaan dari Ombudsman. (Foto:Humas/FokusRiau.Com) 
 
"Untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,tentu semua ini harus didukung bersama dari semua komponen dan tidak bisa bekerja sendiri sendiri,dengan harapan kedepan bisa lebih bagus dan lebih baik lagi",jelas Syamsuar.

Dalam survei ini, Ombudsman melakukan penilaian terhadap 14 kementerian, 6 lembaga, 22 provinsi, 107 kabupaten, dan 45 kota pada Mei sampai Juli 2017. Tujuan survei ini ialah mendorong pemenuhan terhadap standar pelayanan publik dalam rangka mempercepat peningkatan kualitas pelayanan publik.  (adi fadhilahi akbar)
 
 
Bupati Syamsuar foto bersama sejumlah kepala daerah usai menerima penghargaan dari Ombudsman. (Foto:Humas/FokusRiau.Com)


Galeri foto terkait :

Terkini
Terpopuler


 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus