Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Galeri Foto

Pemkab Siak Tingkatkan Layanan Kesehatan Masyarakat Melalui BPJS

Senin, 19 Juni 2017 - 08:11:48 WIB

Bupati Syamsuar foto bersama pimpinan BPJS Kesehatan. (Foto:Humas/FokusRiau.Com)


SIAK-Bupati Syamsuar terus berusaha meningkatkan kualitas layanan kesehatan kepada masyarakat. BPJS Kesehatan merupakan salah satu solusi bagi Pemkab Siak dalam pemerataan layanan kesehatan bagi masyarakatnya.

Karena itu, Pemkab Siak terus meningkatkan kerjasama dengan BPJS Kesehatan. Beberapa waktu lalu, Bupati Syamsuar bertemu dengan Pimpinan BPJS Kesehatan Drive II Wilayah Sumatera Hidayat dan rombongan. Tujuannya selain silatutrahmi juga membahas upaya peningkatan kualitas pelayanan kesehatan masyarakat. 

Dalam hal ini, BPJS Kesehatan ingin hadir sebagai jaminan terpenuhinya kebutuhan akan kualitas kesehatan yang layak bagi peserta dan anggota keluarganya.
 
 
Bupati Syamsuar berdialog dengan pimpinan BPJS Kesehatan dan rombongan Divre II Sumatera. (Foto:Humas/FokusRiau.Com) 
 
Menurut Hidayat, BPJS Kesehatan nantinya akan terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat, terutama menyangkut sistem dan program BPJS Kesehatan  yang sudah bekerja sama dengan Pemkab Siak. Tentunya, kerjasama tersebut untuk memudahkan masyarakat dalam memperoleh layanan BPJS kesehatan.

Sementara Bupati Syamsuar mengharapkan, pelayanan yang akan diberikan BPJS Kesehatan bisa lebih baik dari sebelumnya. Selain itu, kerja sama antar daerah juga sudah dilakukan Pemkab Siak dengan Pemkab Bengkalis dan Pelalawan. Semua demi memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.
 
“Sebelumnya kami telah melakukan program Jamkesda. Jadi ada kerjasama antar kabupaten yang sudah lama terjalin tanpa melihat asal masyarakat dari mana, apakah Siak, Bengkalis atau Pealalawan. Semua dibiayai pemerintah daerah masing-masing," tuturnya. 

Sosialisasi JKN-KIS BPJS Kesehatan 
Sementara itu, Wakil Bupati Alfedri telah membuka sosialisasi program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN)-Kartu Indonesia Sehat (KIS) BPJS Kesehatan kepada perwakilan Pegawai Negri Sipil (PNS) Kabupaten Siak, Maret lalu. 
 
"Sosialisasi dilakukan untuk memberikan penjelasan kepada PNS yang menjadi peserta tentang program JKN. Ini merupakan program baru, namun sesungguhnya program ini bukan program baru bagi PNS," kata Kepala BPJS Cabang Dumai Adi Siswandi.
 
Adi menjelaskan, BPJS memiliki salah satu tugas untuk menjelaskan kembali program kesehatan dan jaminan serta KIS. “Secara umum, program ini telah memberikan manfaat kepada masyarakat dan komitmen Pemkab Siak terhadap BPJS. Kami berharap, kegiatan ini akan memberikan masukan dan saran dari peserta untuk kemudian dicarikan solusinya,” ulasnya.
 
 
Wakil Bupati Alfedri membuka sosialisasi program JKN-KIS BPJS Kesehatan kepada perwakilan PNS Pemkab Siak. (Foto:Humas/FokusRiau.Com) 
 
Sementara itu, Alfedri mengatakan, Pemkab Siak menyambut baik sosialisasi yang dilakukan BPJS kepada PNS Pemkab Siak. Apalagi menyangkut beberapa perbaikan informasi dari BPJS dan tentang PNS yang belum ikut terdaftar sebagai peserta.
 
"Kami menyambut baik kegiatan ini yang mampu meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Ini merupakan komitmen pemerintah dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, termasuk PNS," tukasnya. 

Dikatakan, dulu pemerintah telah memberikan pelayanan gratis kepada masyarakat, tetapi karena adanya Permendagri No 31 tahun 2016 yang membolehkan masyarakat miskin saja yang bisa dibantu dalam pelayanan kesehatan.

Sedangkan dana yang dianggarkan untuk pembiayaan program kerja sama dengan BPJS yang sudah menggunakan Jamkesmas lama sekitar Rp53.000. Sedangkan yang akan dianggarkan dari APBD Kabupaten dan Provinsi sekitar Rp12.000 terdiri dari 70 persen anggaran kabupaten dan 30 persen anggaran provinsi. (adi fadhilahi akbar)
  
 
Wakil Bupati Alfedri sosialisasi program JKN-KIS BPJS Kesehatan kepada perwakilan PNS Pemkab Siak. (Foto:Humas/FokusRiau.Com)
 


Galeri foto terkait :

Terkini
Terpopuler


 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus