Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Galeri Foto

Seminar Pembangunan Berbasis Lingkungan Hidup: Sungai Sebagai Sumber Kehidupan Masa Depan

Selasa, 07 November 2017 - 06:04:18 WIB

Bupati Mursini menghadiri seminar pembangunan berbasis lingkungan. (Foto: Jhon/FokusRiau.Com)

PEKANBARU-Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Kabupaten Kuantan Singingi, Kamis (2/11/2017) lalu menyelenggarakan seminar pembangunan berbasis lingkungan hidup. Seminar mengusung tema 'Sungai Sebagai Sumber Kehidupan Masa Depan' yang berlangsung di Hotel Aryaduta Pekanbaru.

Seminar dihadiri Bupati Kuansing H Mursini dan melibatkan Asisten II Sekdaprov Riau H Masperi, Kapolda Irjen Pol Nandang, Danrem, Kejati, Rektor Universitas Riau, Tokoh Masyarakat Kuansing di Pekanbaru dan sejumlah pejabat Pemkab Kuansing serta civitas akademika Universitas Riau.

Pada kesempatan itu, Bupati Mursini menyampaikan beberapa hal, Pertama, sosialisasi penyuluhan tentang pentingnya menjaga lingkungan dan pelestarian lingkungan hidup, kedua meningkatkan tata kelola sumber daya alam berdasarkan perencanaa tata ruang yang berwawasan lingkungan, tiga strategi yang dilakukan (1) mempercepat RTRW, RDTR/RUTRK (2) meningkatkan koordinasi penataan ruang (3) peningkatan efektivitas penataan ruang (4) pengendalian dan pelestarian lingkungan hidup.
 
 
Bupati Mursini menandatangani MoU dengan Pemprov Riau. (Foto:Jhon/FokusRiau.Com) 
 
Keempat langkah lainnya berupa pemulihan dan rehabibilitasi daya dukung sumber daya alam yang kondisinya kritis, Kelima apa yang sedang dilakukan pemerintah, yaitu membuat program-program dan kegiatan yang berbasis pada lingkungan hidup. Baik perencanaan, pengendalian, rehabilitasi, pencegahan dalam hal lingkungan hidup. 
 
Keenam Upaya segera dan nyata yang harus dilakukan. (1) menghentikan semua bentuk kegiatan yang berdampak merusak lingkungan (2) mencarikan alternatif solusi terhadap pengalihan aktivitas yang berdampak kerusakan lingkungan kepada aktivitas yang bernilai ekonomis (3) secara perlahan berupaya mengendalikan fungsi lahan dan sungai menjadi sumber daya alam yang dapat dikelola secara terencana dan memberikan manfaat yang relatif besar dengan mengelimir dampak lingkungan. 
 
 
Bupati Mursini bersama Asisten II Sekdprov Riau Masferi dan narasumber. (Foto:Jhon/FokusRiau.Com) 
 
Terakhir, Bupati Mursini memberikan informasi hasil penelitian profesor dari Jepang yang tentang potensi Merkuri di Kuansing. Terkait political will pemerintah yang menjadi pertanyaan salah satu peserta seminar. Mursini menjawab, secara regulasi  pemerintah berkomitmen menciptakan daerah dalam segala kegiatannya ramah lingkungan dan selalu mengimbau masyarakat serta perusahaan yang melakukan kegitan di Kuantan Singingi untuk peduli dengan lingkungan. (jhon hendri)


Galeri foto terkait :

Terkini
Terpopuler


 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus