Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Galeri Foto

Usai Menjadi Inspektur Upacara HUT RI, Bupati Syamsuar Kunjungi Rutan Siak

Kamis, 17 Agustus 2017 - 09:41:54 WIB

Bupati Syamsuar melambaikan tangan kepada peserta upacara peringatan HUT RI. (Foto:Humas/FokusRiau.

SIAK-Pemkab Siak melaksanakan upacara peringatan HUT Kemerdekaan ke-72 yang berlangsung di Lapangan Tugu 17 Istana Siak, Kelurahan Kampung Dalam, Kecamatan Siak Sri Indrapura, Kamis (17/8/2017) pagi.

Bupati Syamsuar menjadi inspektur upacara dengan perwira upacara Kapten Sahman Sinaga, Danramil 06 Sungai Apit dan komandan upacara Kapten INF Argo Infantrianto, Dankise Yonif 132. Sedangkan pembaca teks Proklamasi Ketua DPRD Indra Gunawan dan Komandan Kompi Lettu INF Pariaman M. Manurung.

Untuk anggota paskibraka terdiri dari 30 orang didukung pasukan 45 yang terdiri dari TNI dan Polri dengan pengapit pasukan 8 anggota TNI dan Polri sebanyak 4 orang dengan pembawa baki penaikan bendrera Rana Haura Hafizhah, siswi SMAN 2 Tualang dan pengerek bendera Joshua Simanjuntak siswa SMAN 1 Lubuk Dalam, Agil Sahid Fattah siswa SMAN 1 Siak serta Syahrul Rahman, siswa dari SMKN 1 Minas. 
 
 
Bupati Syamsuar bertindak sebagai inspektur upacara HUT RI 72 di lapangan Tugu Siak. (Foto:Humas/FokusRiau.Com) 
 
Usai upacara, Bupati Syamsuar menyebutkan, melalui HUT RI sesuai tema tahun ini 'kerja bersama', Syamsuar menyerukan semua pihak untuk meningkatkan kinerja sesuai tugas yang diembankan.

"Mari kita hayati momen ini untuk meningkatkan kerja kita sesuai dengan tugas kita masing-masing, sekaligus berupaya sesuai cita-cita proklamator, mengisi kemerdekaan dengan berbagai kegiatan pembangunan di segala bidang," ujar bupati.

Dikatakan, HUT Kemerdekaan merupakan momen pengharapan adanya kesadaran dari seluruh komponen masyarakat, agar senantiasa memelihara persatuan kesatuan, kebinekaan dan tentunya bisa menjadi warga negara yang memiliki jiwa nasionalisme dan patriotisme yang kuat.
 
 
Bupati Syamsuar memberikan bendera merah putih untuk dikibarkan. (Foto:Humas/FokusRiau.Com) 
 
"Saya berharap, masyarakat bisa menyatukan tekad bahwa NKRI merupakan harga mati. Karena itulah, mari kita pelihara persaudaraan kita kerukunan umat beragama dan persaudaraan kita yang masih kuat, sehingga dengan konsentrasi kita bersatu saat ini dalam ragam kebudayaan yang berbeda beda semoga kita dapat memajukan pembangunan kedepan yang lebih baik lagi," tukasnya.

Pada kesempatan itu, Bupati Syamsuar menyerahkan penghargaan kepada 43 orang tokoh yang dinilai berjasa mengharumkan nama Siak dan berpratisipasi dalam pembangunan Siak. Penghargaan merupakan bentuk apresiasi pemkab terhadap torehan prestasi 43 orang yang sudah berjasa mengharumkan nama Siak. 
 
Bupati Syamsuar menyalami komandan upacara usai upacara. (Foto:Humas/FokusRiau.Com) 
 
Usai upacara, Bupati Syamsuar mengunjungi Rutan Siak untuk pemberian remisi kepada sejumlah napi. Bupati didampingi Wakil Bupati Alfedri, Ketua DPRD Indra Gunawan, Kajari, Wakapolres, Sekdakab Siak T.S Hamzah dan Kepala OPD.

Kepala Rutan Siak Sugianto mengatakan, sebanyak 187 napi memperoleh remisi dan 8 orang di antaranya langsung bebas. Menurutnya, Rutan Siak memiliki kapasitas 128 orang, namun kenyataanya penghuni rutan mencapai 550 orang.
 
 
Bupati menyerahkan penghargaan kepada pelajar beprestasi. (Foto:Humas/FokusRiau.Com) 
 
Bupati Syamsuar mengatakan, hari ini dilakukan penyerahan remisi kepada narapidana sesuai surat keputusan Menteri Hukum dan HAM. Selain itu, sesuai tema yang diusung "Kerja Bersama" diharapkan semua masyarakat dan napi ikutserta mengisi pembangunan. "Kami mengajak kita semua sesuai dengan profesinya untuk meningkatkan layanan kepada masyarakat. Dengan kebersamaan kita membangun negeri di masa datang, sehingga bisa sejajar dengan negara maju," ujar Syamsuar.

Syamsuar mengharapkan, semua pihak bersama-sama menjaga kesatuan dan persatuan bangsa, sehingga bisa menambah semangat patriotisme. "Semangat ini harus ada dalam hati kita terutama pada generasi muda penerus bangsa. Harapan kami, di tengah kita membangun ekonomi belum membaik butuh kekompakan menghadapi semua kesulitan," tukasnya.
 
 
Bupati Syamsuar menyerahkan penghargaan kepada Bayu Syahputra, juara lomba fotografi nasional.(Foto:Humas/FokusRiau.Com) 
 
"Selamat kepada yang akan meninggalkan Rutan, terutama yang mendapatkan remisi. Kami berharap, agar bisa menyesuaikan dengan masyarakat. Mari bersama-sama membangun di daerah. Selamat kepada yang bebas hari ini," kata Syamsuar. (adi fadhilahi akbar)
 
Foto bersama bupati dengan anggota Paskibraka 2017. (Foto:Humas/FokusRiau.Com) 

 
Bupati Syamsuar menyalami para tahanan. (Foto:Humas/FokusRiau.Com) 

 
Bupati Syamsuar memberikan remisi kepada tahanan. (Foto:Humas/FokusRiau.Com) 


Galeri foto terkait :

Terkini
Terpopuler


 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus