Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Advetorial

Bangun Perkantoran dan Kawasan Bisnis di Tenayan Raya, Upaya Pemerataan Pembangunan

Selasa, 26 September 2017 - 06:44:31 WIB

Walikota Firdaus MT saat peletakan batu pertama pembangunan perkantoran. (Foto:Istimewa)

PEKANBARU-Pemerintah Kota Pekanbaru terus melakukan pengembangan kota demi pemerataan pembangunan dalam rangka menuju Kota Metropolitan yang Madani. Salah satu langkah yang dilakukan Walikota Firdaus MT dengan menggesa pembangunan di kawasan pinggiran, salah satunya Kecamatan Tenayan Raya.

Dengan pertimbangan matang dan melalui berbagai kajian, Tenayan Raya kemudian dijadikan sebagai pusat perkantoran Pemko Pekanbaru. Keberadaan komplek perkantoran tersebut dipastikan akan mengundang pembangunan lainnya di sepanjang jalur menuju pusat pemerintahan, karena nantinya akan banyak dikunjungi orang.

Pembangunan pusat pemerintahan tersebut juga sudah melalui proses dan mekanisme yang tersusun rapi dan aspiratif. Menurut Firdaus, komplek perkantoran terpadu tersebut dibangun di atas lahan seluas 1.000 hektare. Di kawasan yang sama juga akan dibangun Mapolda Riau dengan lahan seluas 10 hektare.

Sesuai konsepnya, komplek perkantoran tersebut akan menyatu dengan kawasan industri tenayan dengan lahan seluas 3.000 hektare. “Jadi lahan perkantoran dan kawasan industri akan memiliki lahan seluas empat ribu hektar,” katanya.
 
 
Pembangunan kawasan perkantoran di Tenayan Raya. (Foto:Istimewa) 
 
Selain itu, pemko juga sudah memberikan sinyal untuk menarik investor menanamkan modalnya untuk pembangunan kawasan bisnis berupa apartemen, mall dan waterpark. Tidak tangung-tanggung, pembangunan proyek tersebut akan dilakukan di atas lahan seluas 200 hektare. Walikota Firdaus menyambut baik rencana investor yang akan menanamkan modalnya di kawasan Tenayan Raya. Bahkan, dalam waktu dekat dirinya akan bertemu dengan investor guna mendengarkan ekspos rencana pembangunan tersebut.

"Kita jadwalkan Rabu pekan depan akan duduk bersama dengan calon investor. Nanti apa saja yang akan dibangun, calon investor akan sampaikan dalam kesempatan itu," kata Firdaus kepada wartawan.
 
 
Walikota Firdaus MT meninjau progres pembangunan komplek perkantoran, beberapa waktu lalu. (Foto:Istimewa)
 
Nilai investasi calon investor yang akan membangun apartemen, mal dan waterpark di Kecamatan Tenayanraya mencapai Rp 500-an miliar. Kecamatan Tenayan Raya menjadi salah satu wilayah paling dilirik calon investor nasional. Sebab kawasan tersebut masih banyak lahan yang kosong yang belum dilakukan pembangunan. Pembangunan di kawasan tenayan raya diharapkan dapat memeratakan pembangunan.

"Jika ada calon investor yang serius berinvestasi di Pekanbaru, tentu kita harus berikan pelayanan yang terbaik, seperti memudahkan pengurusan perizinan dan lain sebagainya," ujarnya. (advertorial/diskominfo)


Advetorial terkait :

Terkini
Terpopuler


 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus