Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Advetorial

Gubernur Lantik Syamsuar-Alfedri, Pembangunan Ekonomi dan Infrastruktur Jadi Prioritas

Senin, 20 Juni 2016 - 19:59:18 WIB

Gubernur Arsyadjuliandi Rachman membacakan sumpah jabatan

PEKANBARU-Pasangan Syamsuar dan Alfedri kembali memimpin Kabupaten Siak untuk periode 2016-2021, setelah keduanya dilantik dan diambil sumpah jabatannya oleh Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman, Senin (20/6/2016) di Pekanbaru.

Ini merupakan periode kedua bagi pasangan ini untuk memimpin Siak, setelah lima tahun sebelumnya pasangan yang sama juga diberi kepercayaan oleh masyarakat untuk memimpin Negeri Istana itu. Acara pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Syamsuar-Alfedri dihadiri seluruh bupati dan walikota se-Riau, forkopimda, sejumlah kepala SKPD di Pemkab Siak, tokoh masyarakat, cerdik pandai dan undangan lainnya.

Gubernur Arsyadjuliandi Rachman memuji kepemimpinan Syamsuar dan Alfedri di Siak 5 tahun sebelumnya yang dinilai mampu melakukan inovasi yang luar biasa yang menjadikan Siak terbaik di Indonesia pada berbagai bidang pembangunan. Bahkan, pasangan ini banyak menorehkan prestasi tingkat nasional.

Gubernur bahkan berkali-kali menyampaikan pujian dan sanjungan kepada Syamsuar-Alfedri yang dinilai berhasil membangun Siak pada periode 2011-2016 lalu. Begitu juga dengan kekompakan mereka yang terus terlihat harmonis hingga periode kedua ini. "Pasangan Syamsuar-Alfedri hendaknya menjadi contoh bagi daerah lain. Mereka selalu kompak," kata Andi Rachman, sapaan Gubri disambut tepuk tangan ratusan undangan.

Selain itu, Gubernur memaparkan sejumlah prestasi yang sudah diraih Syamsuar-Alfedri selama menjabat Bupati dan Wakil Bupati Siak di periode pertama. "Selama ini, mereka berdua telah mengharumkan nama Siak, sangat banyak prestasi yang sudah mereka raih, seperti kabupaten tata kelola pemerintah yang baik, daerah otonomi terbaru terbaik, 5 kali berturut-turut meraih penghargaan opini WTP dan banyak lainnya," ulas Gubri.

Meski demikian, Gubernur meminta Syamsuar-Alfedri untuk tidak cepat berpuas diri. "Mari terus jaga dan tingkatkan kinerja, karena ke depan masih banyak tugas yang lebih berat menunggu. Tantangan ke depan akan semakin berat, apalagi harga minyak dunia anjlok, krisis ekonomi, sehingga masyarakat kesulitan memenuhi kebutuhannya. Ini menjadi PR bagi Syamsuar-Alfedri ke depannya," ulas Andi.

Dia mendorong agar Siak terus meningkatkan sektor pariwisata agar memberikan keuntungan bagi masyarakat. "Sebagai destinasi wisata di Riau, Siak kita dorong mengembangkan sektor pariwisatanya dengan moto selama ini Siak The Trully Malay. Selain itu juga terus melaksanakan kegiatan olahraga tahunan Tour de Siak untuk menarik minat wisatawan ke Negeri Istana tersebut," tukasnya.

Pembangunan Ekonomi
Sementara itu, usai dilantik Bupati Syamsuar didampingi Alfedri menyampaikan komitmennya untuk melanjutkan program pembangunan yang telah berjalan di Siak. "Pembangunan ekonomi dan infrastruktur menjadi prioritas kami di periode masa jabatan lima tahun berikutnya" ujar bapak tiga anak tersebut.

Misalnya masyarakat di sejumlah kecamatan tak lama lagi akan menghadapi peremajaan kebun sawit. Pemkab akan menyiapkan program agar kesejahteraan masyarakat tetap punya sumber mata pencarian empat tahun ke depan. "Selain itu, pertanian, lumbung-lumbung padi di beberapa kecamatan di Siak juga akan dimaksimalkan agar beberapa tahun kedepan kita bisa swasembada pangan," katanya.

Begitu juga dengan pusat-pusat pertumbuhan ekonomi, misalnya Kawasan Industri Tanjung Buton juga terus dipersiapkan, agar investor mau menanamkan modal. "Didukung juga percepatan pembangunan dan pemeliharaan infrastruktur jalan serta sumber energi listrik. Sehingga diharapkan pusat industri bisa tumbuh dan membuka semakin banyak lowongan kerja" ujar Syamsuar.

Ucapan Selamat
Usai dilantik, sejumlah pihak menyampaikan ucapan selamat kepada bupati Syamsuar dan wakil bupati Alfedri. Salah satunya disampaikan Bupati Bengkalis, Amril Mukminin. "Atas nama pribadi, keluarga, masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Bengkalis kami mengucapkan tahniah atas pelantikannya di periode kedua ini," kata Amril.

Dia berharap, pelantikan tersebut bukan hanya menjadi momentum untuk meningkatkan keberhasilan dan percepatan pembangunan di daerah masing-masing, tetapi juga untuk meningkatkan sinergitas dan kerjasama tata kelola pemerintahan, khsususnya dengan Kabupaten Bengkalis. "Apalagi dengan pengalamanya pasangan Syamsuar-Alfedri telah membuktikan kemampuannya dalam memimpin Kabupaten Siak 5 tahun," harapnya. (adv)

Berikut berbagai penghargaan yang diraih pada periode pertama kepemimpinan Syamsuar-Alfedri:

Penghargaan tahun 2011 - 2012
Penghargaan atas penyusunan dan Penyajian Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) dengan capaian Standar tertinggi dalam Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Daerah dengan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Menteri Keuangan RI yang diserahkan oleh Wakil Presiden RI Dr.H.Boediono bersama 67 Kepala Daerah Provinsi, Kabupaten dan Kota tanggal 11 September 2012 di Jakarta.

Penghargaan Kecamatan Siak sebagai Kecamatan terbaik pertama di Propinsi Riau atas keberhasilan tata kelola sistem pemerintahan yang baik. Diberikan oleh Bapak Gubernur Riau di Pekanbaru Tanggal 9 Agustus 2012.

Penghargaan atas komitmen dan keberhasilan dalam penyelenggaraan pelayanan penerapan e-KTP yang diberikan oleh Bapak Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia pada tanggal 22 Juni 2012.

Penghargaan K3 pada peringatan Bulan Bhakti K3 dari Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi RI pada tanggal 26 April 2012.

Penghargaan atas keberhasilan program PATEN yang diberikan oleh Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) RI melalui Direktorat Jenderal Pemerintah Umum (PUM) Tanggal 28 Pebruari 2012.

Juara I Desa Seminai Kecamatan Kerinci Kanan pada Lomba Desa Tingkat Provinsi Riau Tahun 2012, dan Sepuluh Besar Lomba Desa Tingkat Nasional Tahun 2012 Tanggal 20 Juni 2012.

Juara III Perlombaan Kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS) Tingkat Nasional tahun 2012.

Penghargaan atas Koperasi Berprestasi Tingkat Nasional Tahun 2012, KUD. Karya Tani Desa seminai Kecamatan Kerinci Kanan yang diberikan oleh Wakil Presiden RI Dr. H. Boediono.

Piagam Adipura Kebersihan Kota Siak Sri Indrapura yang diberikan oleh Bapak Menteri Negara Lingkungan Hidup pada tanggal 5 Juni 2012.

Juara I Tingkat Nasional Kelompok Tani Sawit Karya Sakti Desa Sialang Sakti Kecamatan Dayun yang diberikan oleh Presiden RI Dr. H. Susilo Bambang Yudoyono di Istana Negara Jakarta tanggal 6 Desember 2011.

Penghargaan sebagai Kota terbersih se-Provinsi Riau yang diberikan oleh Bapak Gubernur Riau, tanggal 21 Desember 2011.

Penghargaan Bina Keluarga Balita (BKB) yang diberikan olen Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI, tanggal 20 Desember 2011.
Satya Lencana Pembangunan Bidang Pertanian melalui Program Peningkatan Beras Nasional (P2BN) yang diberikan oleh Bapak Presiden Republik Indonesia melalui Menteri Pertanian Republik Indonesia tanggal 19 Agustus 2011.

Juara I Pelaksanaan Terbaik Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan Tingkat Provinsi Riau Tahun 2011.

Penghargaan tahun 2012 - 2013
Peringkat I Kabupaten/Kota terbaik Invesment Award 2013 se-Riau dari Special Achievment 2013 untuk kategori kebijakan pemerintah daerah yang diselenggarakan Badan Penanaman Modal dan Promosi Daerah Provinsi Riau.

Terbaik ke-II tingkat Nasional Lomba kelompok Bina Keluarga Balita Harapan Bunda Desa Tualang Kecamatan Tualang, yang diselenggarakan oleh BKKBN Pusat pada tanggal 17 Desember 2013

Anugerah Parahita Eka Praya (APE) dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI, 18 Desember 2013 di Jakarta.

Penghargaan Piala Wahana Tata Nugraha kategori kota kecil tertib lalu lintas dari Kementerian Perhubungan RI 2013 tanggal 3 Oktober 2013 di Surabaya.

Penghargaan sebagai Kota Percontohan Pelaksanaan PATEN di Provinsi Riau tahun 2013 untuk Kecamatan Tualang dan Kecamatan Siak pada tanggal 21 Agustus 2013 di Pekanbau

Penghargaan Kota Layak Anak dengan Kategori Pratama yang diserahkan oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia, Linda Gumelar pada tanggal 23 Juli 2013 di Jakarta.

Penghargaan Bhakti Koperasi dan UKM dari Menteri Koperasi dan UMKM RI pada Puncak Peringatan Hari Koperasi ke 66 pada Tanggal 12 Juli 2013 di Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Juara I KB Lestari 10 Tahun Tingkat Provinsi Riau Tahun 2013. Tanggal 04 Juli 2013 di Pekanbaru. 

Juara II Keluarga Harmonis Tingkat Provinsi Riau pada peringatan Hari Keluarga Nasional ke 20 Tanggal 04 Juli 2013 di Pekanbaru.

Juara II Lomba Kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera tingkat Provinsi Riau Tanggal 04 Juli 2013 di Pekanbaru.

Juara III Kader Bina Keluarga Balita tingkat Provinsi Riau diserahkan Tanggal 04 Juli 2013 di Pekanbaru.

Juara II Pusat Informasi Konseling Remaja tingkat Provinsi Riau Tanggal 04 Juli 2013 di Pekanbaru.

Juara II PKK KB KES tingkat Provinsi Riau diserahkan oleh Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Riau Tanggal 04 Juli 2013 di Pekanbaru.

Perolehan Piala Adipura atas Keberhasilan Kota Kecil Terbersih Tingkat Nasional yang di Serahkan oleh Bapak Presiden Republik Indonesia pada tanggal 10 Juni 2013 di Jakarta.

Juara II Desa Seminai Kecamatan Kerinci Kanan pada Lomba Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat Tingkat Provinsi Riau Tanggal 27 Mei 2013, yang diserahkan oleh Bapak Gubernur Riau di Pekanbaru.

Penghargaan Anugerah Keselamatan dan Kesehatan Kerja pada peringatan Bulan Bhakti K3 dari Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi RI pada tanggal 30 April 2013 di Jakarta.

Penghargaan Pajak Bumi dan Bangunan terhadap PBB tahun 2012 Kabupaten Siak yang melampaui target pada tanggal 21 Maret 2013 di Pekanbaru.

Juara II Desa Dayun Kecamatan Dayun pada Lomba Ekonomi DesaSimpan Pinjam Tingkat Provinsi Riau Tanggal 15 Maret 2013.

Juara I tingkat Propinsi Riau tahun 2013 lomba desa Sanitasi Total Berbasis Masyarakat Desa Banjar Seminai Kecamatan Dayun.

Juara I tingkat Propinsi tahun 2012 tingkat SD (SD 001 Lubuk Dalam) Duta Sanitasi Berbasis Masyarakat. Mewakili Provinsi Riau pada tingkat Nasional.

Penghargaan Riau Invesment Award 2012 untuk kategori Percepatan Infrastruktur Investasi 2012, Tanggal 5 Desember 2012 di Pekanbaru.

Juara Harapan I Lomba Lokasi PNPM Terbaik Tingkat Provinsi Riau Tanggal 25 Oktober 2012.
Tepat waktu penyampaian Laporan Penilaian Mandiri Pelaksanaan Reformasi Birokrasi (PMPRB) tahun 2012 yang diserahkan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia.

Penghargaan tahun 2014 - 2015
Penghargaan Satya Lencana Darma Bakti dari Kwarnas pada peringatan Hari Pramuka ke 54 di Bumi Perkemahan Cibubur Jakarta, 15 Agustus 2014.

Penghargaan Manggala Karya Kencana kepada Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Siak atas kepedulian terhadap program KB Nasional pada puncak Peringatan Harganas di Surabaya 14 Juni 2014

Penghargaan Pembina Keselamatan Kesehatan Kerja (K3). Penghargaan ini diserahkan oleh Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi pada Senin (26/5/2014).

Penghargaan Adikarya Pangan Tahun 2014 Kategori Pembinaan Ketahanan Pangan 2014 dari Presisen RI Ir H Joko Widodo Jumat (26/12/2014).

Penghargaan Adiwiyata dari kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan bersama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di Auditorium Manggala Wanabakti Gedung Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Jakarta, Senin (22/12/14).

Penghargaan Kadin Riau Award 2014 kategori Best Business Climate (izin usaha terbaik). Penghargaan ini diserahkan Ketua Kadin Riau Juni Ardianto Rachman di Balairung Room Hotel Pangeran Pekanbaru Rabu, (26/11/2014).

Kabupaten Siak meraih predikat opini wajar tanpa pengecualian (WTP) atas laporan keuangan pemerintah daerah (LKDP) tahun anggaran 2013. Opini WTP yang diraih negeri istana ini sudah tiga berturut-turut (2011, 2012 dan 2013) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Riau. (28/05/2014)

Penghargaan Penilaian Kinerja Pemerintah Daerah (PKPD) bidang Pembangunan Infrastruktur oleh Kementrian Pekerjaan Umum RI, Jakarta Pusat, Jumat (5/12/2014) malam.

Wakil Bupati Siak Drs H Alfedri MSi menerima penghargaan Kategori Pembina BAZNAS Daerah sangat baik dari BAZNas Pusat yang di serahkan oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifudin di Hotel Bidakara Jakarta, Senin (19/5/2015).

Bupati Siak menerima Penghargaan Kota Layak Anak Pratama tahun 2015. Penghargaan ini merupakan apresiasi pemerintah melalui Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Indonesia kepada kabupten/kota yang memberikan perhatian cukup besar terhadap anak (11/8/2015).

Bupati Siak Drs H Syamsuar MSi dianugerahi penghargaan K3 dan penghargaan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) oleh Kementrian Ketenagakerjaan RI M Hanif Dhakiri di hotel Bidakara Jakarta Selatan, Kamis (10/8/2015) Malam.

Penghargaan Kebudayaan Tahun 2015 kategori Pemerintah Daerah dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. (22/9/15).

Bupati Siak Drs. H. Syamsuar, M. Si, Menerima Piagam penghargaan Dalam Pencegahan Dan Penanggulangan Bencana Kebakaran Perumahan Hutan Dan Lahan Di Daerah. Yang Menyerahkan Langsung Bapak Menteri Dalam RI Tjahjo Kumolo. Direktorat jenderal pemerintahan umum kementerian dalam negri. Jakarta, 12 Februari 2015.

Kabupaten Siak kembali menerima laporan keuangan tahun anggaran 2014 dengan penilai Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang diserahkan Badan Pengawasan Keuangan (BPK) perwakilan Provinsi Riau di auditorium BPK, Kamis (28/5/2015).

Penghargaan Bina Perencanaan terbaik se-Provinsi Riau yang diberikan Gubernur Riau pada 16 April 2015 lalu di Pekanbaru.

Penghargaan dalam upaya pencegahan dan penanggulangan bencana ?kebakaran pemukiman hutan dan lahan daerah (Karhutla) yang diberikan Mendagri pada 12 Februari 2015, di Jakarta.

Anugrah Pangripta Nusantara (APN) Kabupaten/Kota tahun 2015. Kabupaten Siak meraih harapan II untuk seluruh kabupaten/kota di Indonesia. Penghargaan ini diserahkan Mentri Perencanaan Pembangunan atau kepala Bappenas Andrinof A. Chaniago di Hotel Bidakara Jakarta kepada Syamsuar, 29 April 2015. Dengan demikian, Siak perencanaan pembangunan terbaik I untuk Provinsi Riau.

Penghargaan kategori pembina BAZNAS daerah sangat baik dari BAZNAS pusat yang diserahkan Mentri Agama Lukman Hakim Saifudin, pada 19 Mei 2015, di Jakarta.

Penghargaan Kebudayaan Nasional Kategori Pemda oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan pada 19 Juni 2015.

Penghargaan kebudayaan tahun 2015 kategori Pemerintah Daerah kepada Kabupaten Siak atas komitmennya dalam bidang pelestarian Budaya Melayu dan Revitalisasi Situs Purbakala. Penghargaan ini diterima Syamsuar di dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan, pada 22 September 2015 di Jakarta.

Penghargaan Kabupaten Layak Anak Kategori Pratama yang diserahkan oleh presiden RI Joko Widodo, tanggal 11 Agustus 2015 lalu di Istana Bogor.

Penghargaan Gubernur Riau kepada Desa Berumbung Baru Kecamatan Dayun. Bahkan, desa ini juara I Lomba desa se-Provinsi Riau tahun 2015.
Anugrah keselamatan dan kesehatan kerja (K3) pada peringatan bulan bhakti K3 dari Mentri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Hanafi Dhakiri, 10 September 2015 di Jakarta.

Pengharagaan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas laporan keuangan pemerintan daerah (LKPD) tahun ?2014 dari Mentri Keuangan Bambang Brodjonegoro. Penghargaan kali ke empat bagi Pemkab Siak itu diterima Jumat (2/10/2015) di Jakarta.

Penghargaan Upakarya Wanua Nugraha kategori pembangunan dan pembinaan aparatur desa dari Mendagri di stadion Harapan Bangsa Banda Aceh, Nangroe Aceh Darusalam 8 Oktober 2015.

Kadin Riau Award 2015 Kategori Most Supportive Leader kepada Bupati Siak, di Ballroom Hotel Aryaduta Pekanbaru 18 November 2015.

Penghargaan dari Menteri Hukum dan HAM RI yang diserahkan di kantor Kemenkum HAM RI di Jakarta 11 Desember 2015.

Penghargaan dari PB PGRI anugerah Dwidja Praja Nugraha di Gelora Bung Karno Jakarta 13 Desember 2015

Penghargaan tahun 2016
Penghargaan Karlahut dari Mendagri pada peringatan HUT Damkar di Semarang 29 Februari 2016.

Penghargaan LAKIP dari Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara (PAN) dan Reformasi Birokrasi (RB) Yuddi Crisnandi di Jogyakarta, Senin (25/1/2016).

Penghargaan Bawaslu Award di Jakarta tanggal 29 Februari 2016.

Penghargaan Pro Otonomi Award yang diserahkan oleh Plt. Gubernur Riau di Pekanbaru, 25 Januari 2016
Top 99 Pelayanan Inovasi terbaik dari Menteri PAN RB, 31 Maret 2016

Penghargaan Sertifikat Eliminasi Malaria dari Menteri Kesehatan Nila Farid Moeloek, Senin (25/4/2016).

Penghargaan sebagai Terbaik Pertama Anugerah Pangripta Nusantara Provinsi Riau Tahun 2016 (18/4/2016)

Siak meraih predikat 16 besar Anugerah Pangripta Nusantara (APN) Tahun 2016.

Penghargaan K3 Award sebagai Pembina K3 oleh Menteri Tenaga Kerja 18 Mei 2016

Penghargaan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) dari kepala BKPM dan menerima Piala PTSP sebagai kabupaten terbaik PTSP 30 Mei 2016
Menerima Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI Perwakilan Provinsi Riau di Pekanbaru, Selasa 14 Juni 2016.

Gubernur Arsyadjuliandi Rachman membacakan sumpah jabatan saat pelantikan Syamsuar dan Alfedri sebagai Bupati dan Wakil Bupati Siak. (Foto:Humas/FokusRiau.Com)

Bupati Siak Syamsuar menandatangani berita acara pelantikan disaksikan Gubernur Arsyadjuliandi Rachman. (Foto:Humas/FokusRiau.Com)

Gubernur Arsyadjuliandi Rachman memasangkan tanda dibahu Bupati Siak Syamsuar usai pengambilan sumpah jabatan. (Foto:Humas/FokusRiau.Com)

Gubernur Arsyadjuliandi Rachman memberikan ucapan selamat. (Foto:Humas/FokusRiau.Com)


Advetorial terkait :

Terkini
Terpopuler


 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus