pemerintah daerah kabupaten bengkalis
Home    

P-1 Adipura: Bengkalis Raih Poin Tertinggi Sementara
Rabu, 20 Februari 2013 - 09:05:15 WIB

P-1 Adipura: Bengkalis Raih Poin Tertinggi Sementara

BENGKALIS-Berdasarkan hasil penilaian tahap pertama (P-1) dari tim penilai dari Pusat Pengelolaan Eko Region Sumatera di Medan, ternyata Bengkalis untuk sementara meraih poin tertinggi di tingkat propinsi Riau untuk sektor kebersihan .

Berbagai terobosan dan perbaikan dilakukan stake holder terkait upaya perolehan nilai kota Bengkalis yang masuk dalam kategori kota kecil pada penilaian tahap dua (P-2). Sarana dan prasarana yang menjadi objek penilaian tim PP Region Sumatera walau sudah maksimal, tetapi tetap akan terus diupayakan perbaikan.

Kepala Bidang Pasar dan Kebersihan, Dinas Pasar, kebersihan dan Pertamanan Bengkalis, Abdul Kadir kepada wartawan, Selasa (19/2) mengatakan, nilai yang diperoleh Bengkalis adalah 73,86 poin. Angka tersebut dikeluarkan secara resmi oleh PPE Region Sumatera, sekaligus menetapkan Bengkalis di posisi teratas perolehan poin sementara untuk kategori kota kecil calon peraih piala Adipura.

"Poin sementara yang kita peroleh sudah melewati ambang batas nilai maksimal P-1 sebesar 71, dengan raihan 73,86 poin. Untuk P-2 kita berharap ada peningkatan, sehingga Piala Adipura dapat kembali dipertahankan tahun ini, sambil terus melakukan pembenahan terhadap kekurangan disejumlah titik lokasi penilaian," harap Kadir.

Ada beberapa titik yang harus mendapat perhatian, menurut Kadir, pertama untuk areal perumahan jalan Pembangunan. Hasil penilaian tahap dua, di wilayah tersebut hanya mengantongi 68,64 nilai saja. Beberapa titik yang perlu diperbaiki adalah, perlunya pembuatan pupuk kompos, tidak ada lagi pembakaran di pemumikan, penanaman pohon dan lainnya.

Sementara untuk perumahan Kebun Kapas nilai yang diperoleh, 67,47, perumahan Kampung Tengah 60,53, perumahan Cik Mas Ayu dan beberapa titk penilaian lainnya. "Rata-rata titik kelemahan kita pada penanganan sampah, drainase yang kotor, pohon pelindung dan lainnya. Mohon ini menjadi perhatian bersama terutama mereka yang menjadi leading di areal masing-masing," tukasnya.

Sedangkan untuk kategori jalan, dimana jalan Kartini dan Sulthan Syarif Kasim  menjadi kawasan dengan nilai tertinggi, yakni 78,00. Sedangkan jalan Sudirman, Pramuka, Antara, Diponegoro dan A Yani masing-masing berkisar 73,17 hingga 75,25.

"Jalan Diponegoro nilainya masih sangat rendah. Banyaknya grobak jualan dan lainnya yang ditinggalkan di sekitar jalan itu, menjadi salah satu faktor rendahnya penilaian yang diberikan. Sekali lagi, hendaknya ini menjadi perhatian kiat bersama," kata Kadir.

Selain itu, ada enam perkantoran yang menjadi titik penilaian. Kantor Insfektorat dan BKD masih menempati urutan pertama dengan nilai 76,27. Sementara kantor DPRD berada diurutan kedua 75,80, BPMPD 75,53.

Ditambahkan, untuk lingkungan sekolah, setidaknya 12 unit sekolah yang menjadi penilaian tim Adipura. Selain soal penanganan sampah, dilarang memerun atau membakar sampah di sekitar sekolah, kerajinan para siswa dari bahan bekas juga menjadi penilaian tersendiri. Untuk itu, sesuai hasil penilaian, diharapkan setiap lokal/kelas memiliki hasil kerajinan dari bahan bekas.

"Ada empat kategori dalam penilaian Piala Adipura ini, yaitu kota Metropolitan, kota besar, kota sedang dan kota kecil. Kota Bengkalis sendiri masuk dalam kelompok kota kecil. Sedangkan untuk pengumuman P-2, diperkirakan sudah diumumkan sekitar awal-awal bulan mei mendatang," tutup mantan Kabid Dinas Pariwisata tersebut. (adv/hms)






berita sebelumnya
 
       
 
  fokusriau www.bengkaliskab.go.id
PEMERINTAH KABUPATEN BENGKALIS 2013