pemerintah daerah kabupaten bengkalis
Home    

Pemkab Bengkalis akan Bentuk Garda Perbatasan
Senin, 25 Februari 2013 - 09:34:08 WIB

Pemkab Bengkalis akan Bentuk Garda Perbatasan

BENGKALIS-Untuk mengamankan wilayah perbatasan serta menginventarisir persoalan di daerah perbatasan, tahun ini Badan Pengelolaan Perbatasan (BPP) Bengkalis berencana untuk membentuk kelembagaan khusus, yakni Garda Perbatasan. Nantinya, Garda Perbatasan akan ditempatkan di kecamatan yang termasuk dalam lokasi prioritas.

"Tahun ini kita akan membentuk kelembagaan di kecamatan bernama Garda Perbatasan. Tahap awal, Garda Perbatasan rencananya dibentuk di tiga kecamatan yang termasuk dalam lokasi prioritas, yaitu Kecamatan Rupat Utara, Bukit Batu dan Bantan," kata Pelaksana Tugas Kepala BPP Bengkalis, Elfian Ramli akhir pekan lalu.

Dijelaskan, pembentukan Garda Perbatasan di tiga kecamatan karena Badan Nasional Pengelolaan Perbatasan (BNPP) baru menerbitkan surat keputusan terhadap tiga kecamatan tersebut masuk dalam lokpri.

Sementara BPP Bengkalis sudah mengusulkan dua kecamatan lagi untuk dimasukan dalam lokpri, yakni Kecamatan Bengkalis dan Rupat. Garda Perbatasan yang akan dibentuk melibatkan unsur muspika yang terdiri dari camat, kapolsek, danramil, daposlanal serta kalangan masyarakat.

Di antara tugas Garda Perbatasan adalah mengamankan tapal batas di wilayah perbatasan, khususnya perairan Indonesia yang berada di jalur Selat Melaka. "Seperti diketahui, kawasan perairan Selat Melaka sejak dahulu sangat rawan praktik ilegal fishing, ilegal logging, penyelundupan sembako hingga narkoba. Disinilah kita berharap Garda Perbatasan ini nantinya menjadi lembaga yang intens mengawasi aktifitas di perbatasan, tidak hanya di perairan tetapi juga daratan," papar Elfian.

Pembentukan Garda Perbatasan itu sendiri masih menunggu petunjuk pelaksanaan (juklak) serta petunjuk tekhnis (juknis) dari BNPP. Ditargetkan, menjelang pertengahan tahun 2013 ini, kelembagaan tersebut sudah dapat dibentuk ditiga kecamatan yang masuk dalam lokpri di kabupaten Bengkalis.

Ditambahkan, sasaran dari Garda Perbatasan, terbentuknya kapasitas serta penguatan masyarakat di wilayah perbatasan sebagai ujung tombak di daerah mereka sendiri.

Dalam hal ini, partisipasi masyarakat lokal sangat diharapkan, disamping berorientasi pada peningkatan sumber daya manusia untuk menjaga asset atau sumber daya alam yang ada di kawasan perbatasan tersebut. "Disamping itu, melalui kelembagaan yang terbentuk, penguatan sektor infrastruktur, percepatan pertumbuhan ekonomi masyarakat dapat terealisasi dengan terciptanya interaksi ekonomi yang positif. Juga, untuk penggalangan pertahanan dan keamanan baik di daratan serta perairan," tukas Elfian. (adv/hms)






berita sebelumnya
 
       
 
  fokusriau www.bengkaliskab.go.id
PEMERINTAH KABUPATEN BENGKALIS 2013