pemerintah daerah kabupaten bengkalis
Home    

Produksi Air Bersih, PDAM Bengkalis Butuh Rp400 Miliar
Rabu, 06 Maret 2013 - 17:25:33 WIB

Produksi Air Bersih, PDAM Bengkalis Butuh Rp400 Miliar

BENGKALIS-Perusahan Daerah Air Minum Bengkalis, saat ini terus berupaya memproduksi air bersih berkualitas seperti air mineral. Namun untuk sampai ketahap produksi air layak mimun tersebut, dibutuhkan investasi sebesar Rp400 miliar.

Demikian presentasi Direktris PDAM Bengkalis, Nova Novianti di Kantor Bupati Bengkalis, Rabu (6/3) terkait kualitas produksi air PDAM yang masih rendah dan sering dikomplen konsumen. Menurut Nova, rendahnya kualitas air bersih yang dihasilkan PDAM, karena kualitas sumber air baku olahan PDAM mutunya rendah, yakni air gambut dengan  tingkat kekeruhan yang sangat kental, warna yang keruh serta tingkat keasaman yang tinggi.

Namun demikian, Nova yang didampingi Asisten II, H Arianto dan Kepala Bagian Perekonomian Sekdakab Bengkalis, Hamdan bertekad menggapai keinginan tersebut. "Keinginan kita, air yang sampai kepada konsumen sudah layak mimun. Untuk sampai ke tahap itu, diperlukan investasi antara Rp360 sampai Rp400 miliar," kata Nova.

Dikatakan, masalah yang dihadapi PDAM menyangkut K3 air baku, yakni kualitas, kontinuitas dan kuantitas air baku. Secara kualitas, air baku yang dipasok PDAM mutunya sangat rendah dan sulit diolah. Selain itu, sumber air baku tersebut juga terbatas. "Kondisi ini membuat biaya pengolahan tinggi, yakni Rp7.000 perkubik. Sedangkan harga jual kepada konsumen hanya Rp3.300 perkubik," paparnya.

Untuk mengindari terjadinya kekurangan pasokan air baku, PDAM sudah melakukan berbagai upaya, seperti menormalisasi waduk dan kanal serta membangun jalur pipa dengan waduk milikPT Meskom. Disamping itu, PDAM juga sudah menjalin kerjasama dengan PDAM Medan.

Dijelaskan, tahun anggaran 2013, PDAM telah mengajukan anggaran Rp64 miliar untuk pemasangan pipa di delapan kecamatan yang akan dilakukan instansi teknis, Cipta Karya. Pipanisasi di delapan kecamatan tersebut, bagian dari persiapan PDAM menjangkau ribuan konsumen di delapan kecamatan tersebut.

PDAM terus berupaya semaksimal mungkin memberikan layanan maksimal kepada pelanggan yang ada diseluruh kabupaten Bengkalis. Hanya saja sejumlah kendala masih tetap menghadang, karena PDAM baru dapat beroperasi maksimal setelah ada subsidi atau investasi.

“Kita terus berupaya membangun jaringan air bersih disemua daerah. Berbagai keterbatasan menjadi kendala, supaya konsumen terpuaskan. Investasi untuk PDAM yang diajukan cukup logis, karena masih sangat banyak warga yang belum mendapatkan kesempatan menikmati air bersih di Negeri Junjungan ini,” tukasnya. (adv/hms)






berita sebelumnya
 
       
 
  fokusriau www.bengkaliskab.go.id
PEMERINTAH KABUPATEN BENGKALIS © 2013