pemerintah daerah kabupaten bengkalis
Home    

Pengembangan Pelabuhan Roro Air Putih Dilakukan Bertahap
Kamis, 07 Maret 2013 - 18:08:26 WIB

Pengembangan Pelabuhan Roro Air Putih Dilakukan Bertahap

BENGKALIS-Rencana pengembangan dan peningkatan sarana pelabuhan roll on roll of (roro) di Desa Air Putih, Kecamatan Bengkalis yang sempat dua tahun tertunda, mulai dibangun tahun ini. Pengembangannya akan dilakukan bertahap, minimal dalam dua tahun anggaran atau maksimal tiga tahun anggaran. Hal ini berbeda dengan progres awal yang hanya mengalokasikan dana untuk setahun anggaran.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Perhubungan, Telekomunikasi dan Informatika Bengkalis melalui Kepala Bidang Perhubungan Darat, Radius Akima terkait pengembangan sarana roro di Desa Air Putih yang pengerjaan konstruksinya sempat terlambat. Awalnya, pelabuhan roro tersebut akan ditingkatkan tahun 2011 lalu, namun terkendala teknis.

“Mudah-mudahan tahun ini pekerjaan fisik dan konstruksi pelabuhan penyeberangan roro di Desa Air Putih sudah mulai dikerjakan. Tahapan pengerjaan berbeda dengan rencana awal. Dimana pengembangannya akan dilakukan bertahap, dua atau tiga kali anggaran,” papar Radius, Kamis (7/3) di Bengkalis.

Diakui, untuk pengembangan pelabuhan roro menggunakan anggaran di atas Rp50 miliar mustahil bisa dikerjakan dengan setahun anggaran. Minimal untuk pengerjaan konstruksi dan pematangan lahan area parkir harus dikerjakan dua tahun anggaran. Pekerjaan pengembangan pelabuhan roro meliputi dua jenis pekerjaan, yakni darat untuk areal parkir kendaraan dan pelabuhan.

Ditanya berapa alokasi anggaran tahun ini dalam APBD, kata Radius, sebesar Rp8 miliar. Ketika pengajuan RAPBD, Dishubkominfo mengusulkan anggaran Rp10 miliar, tapi terjadi pemotongan anggaran. Sehingga anggaran yang ada sekarang hanya tinggal Rp8 miliar untuk dua jenis pekerjaan.

“Dengan anggaran yang ada, tahapan pengerjaan konstruksi kemungkinan besar hanya sampai pemasangan tiang pancang dermaga di pelabuhan berikut pematangan lahan di darat. Kita segera akan menyiapkan dokumen untuk dilelang di unit layanan pengadaan (ULP),” paparnya. 

Di sisi lain, Radius menyebutkan, tahun ini pengembangan dan peningkatan sarana pelabuhan roro di Desa Sungai Selari, Kecamatan Bukit Batu juga akan dilaksanakan. Untuk pelabuhan roro di pesisir pulau Sumatera tersebut, anggaran yang dialokasikan sebesar Rp6 miliar dan kemungkinan selesai setahun anggaran.

“Pelabuhan roro di Sungai Selari, pengembangannya mengikuti pelabuhan lama yang sekarang tidak dipakai. Nantinya di pelabuhan Sungai Selari, jalur kendaraan yang berangkat dan turun kapal akan terpisah. Namun masih di lokasi yang sama,” ujarnya. (adv/hms)






berita sebelumnya
 
       
 
  fokusriau www.bengkaliskab.go.id
PEMERINTAH KABUPATEN BENGKALIS © 2013