pemerintah daerah kabupaten bengkalis
Home    

Bupati Ajak Masyarakat Bengkalis Taat Bayar Pajak
Kamis, 14 Maret 2013 - 17:51:08 WIB

Bupati Ajak Masyarakat Bengkalis Taat Bayar Pajak

BENGKALIS-Meski berbagai keluhan masyarakat tentang pajak bermunculan, Bupati Bengkalis, H Herliyan Saleh terus mengajak masyarakat untuk tetap taat dan patuh membayar pajak. Sebab pajak sangat penting untuk membiayai pembangunan.

“Membayar pajak merupakan bentuk keterlibatan kita dalam pembangunan. Karena itu, Pekan Panutan Penyampaian SPt Tahunan kali ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran wajib pajak untuk membayar pajak tepat waktu dan tepat jumlah sesuai ketentuan,” ujar Bupati pada pekan Panutan Penyampaian SPT Tahunan PPh Tahun Pajak 2012, Kamis (14/3).

Dijelaskan, disamping untuk membiayai berbagai kegiatan pembangunan, hasil dari pajak ini juga digunakan untuk membayar gaji PNS serta pembiayaan negara lainnya. “Untuk itu, saya mengajak seluruh masyarakat Bengkalis untuk bersama-sama menyukseskan upaya peningkatan penerimaan negara, khususnya dari sektor pajak,” ujarnya.

Wajib pajak yang berdisiplin dan memenuhi kewajibannya, menurut Herliyan, adalah pahlawan. Sedangkan wajib pajak yang lalai maka hanya akan mencederai dan mengkhianati bangsa. Untuk itu, jadilah patriot bangsa dengan melaksanakan wajib pajak.

“Saya mengimbau camat dan kepala desa/lurah agar terus mensosialisasikan pembayaran pajak. Sehingga masyarakat di seluruh Bengkalis, sadar tentang pentingnya membayar pajak tepat waktu. Kita harus disiplin dalam membayar pajak sehingga proyek penerimaan negara dari sektor pajak tahun ini bisa tercapai,” ajaknya.

Bupati juga mengingatkan para bendahara setiap unit kerja, agar selalu memungut pajak dari wajib pajak dan menyetorkannya kepada negara. Jangan sekali-kali menyalahgunakan uang yang telah dipungut dari wajib pajak tersebut. Karena kata Bupati, perbuatan tersebut selain melanggar hukum, juga sebagai bentuk pengkhianatan terhadap masyarakat, bangsa dan negara.

Hanya memang kata Bupati, melemahnya semangat masyarakat wajib pajak dalam membayar pajak dikarenakan adanya informasi di media tentang oknum pejabat pengelola dan pemungut pajak yang melakukan penyelewengan uang pajak.

Ditengah soroton masyarakat pada kasus-kasus perpajakan kata Bupati, aparat pajak harus melakukan instropeksi dan pembenahan administrasi perpajakan untuk membuktikan pemerintahan yang bersih. Dengan demikian, masyarakat tidak ragu dalam membayar pajak dan melaporkan pajaknya.

“Marilah kita bangun peradaban yang baik di wilayah kita, kehidupan yang mulia di negeri tercinta ini dengan membuat pemerintahan kita yang makin bersih, makin transparan, makin responsif, dan makin akuntabel serta terciptanya warga negara yang patuh untuk menjalankan kewajibannya demi kepentingan bersama dan kepentingan umum,” pintanya.

Sementara Kepala KPP Pratama Bengkalis, Rizal Imam G mengatakan, berkat kerja sama yang terbangun selama ini, Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bengkalis dapat mencapai penerimaan pajak Rp951,4 miliar atau 90,6 persen dari target yang telah ditetapkan Kantor Pusat DJP.

Keberhasilan mencapai target tersebut, menurut Rizal, tidak lepas dari peran para bendahara Dinas atau SKPD yang ada di lingkungan Pemerintah Bengkalis. Karena dengan APBD 2012 Kabupaten Bengkalis sebesar Rp5,1 triliun terdapat didalamnya Rp208,6 miliar merupakan potensi pajak yang telah disetor ke kas negara atau 21,9 persen dari total penerimaan Pajak tahun 2012 Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bengkalis.

Menurut Rizal, penerimaan negara dari sektor pajak tahun 2012 Rp980,1 triliun atau setara dengan 78 persen dari total APBN tahun 2012. Atas tersedianya dana tersebut, pemerintah menggunakannya untuk pembiayaan pembangunan Negara seperti pembuatan jembatan, jalan, termasuk untuk membayar gaji para pegawai negeri sipil, polisi maupun tentara. (adv/hms)






berita sebelumnya
 
       
 
  fokusriau www.bengkaliskab.go.id
PEMERINTAH KABUPATEN BENGKALIS © 2013