pemerintah daerah kabupaten bengkalis
Home    

Partisipasi Masyarakat Rekam Data e-KTP Masih Rendah
Selasa, 19 Maret 2013 - 16:14:10 WIB

Partisipasi Masyarakat Rekam Data e-KTP Masih Rendah

BENGKALIS-Sampai akhir Februari lalu, realisasi perekaman data kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) di seluruh Kabupaten Bengkalis baru mencapai 83,35 persen. Ini menandakan partisipasi masyarakat untuk melakukan perekaman masih rendah, meski deadline perekaman masih sampai 31 Oktober mendatang.

“Data terakhir yang kita terima melakukan perekaman sampai Februari lalu baru 285.222 orang atau sekitar 83,45 persen. Ini menunjukan masih banyak warga yang belum melakukan perekaman ke kantor camat masing-masing,” papar Kepala Dinas Catatan Sipil dan Kependudukan Bengkalis, Zulfasya, Selasa (19/3).

Menurutnya, target perekaman e-KTP di seluruh Kabupaten Bengkalis adalah 342.213 jiwa atau mendekati 90 persen. Selain itu, dari total 83,35 persen warga yang sudah melakukan perekaman e-KTP, mayoritas sudah menerima KTP baru yakni 200 ribu jiwa lebih.

Disinggung kendala rendahnya minat masyarakat melakukan perekaman, menurut Zulfasya, ada beberapa masalah di lapangan. Di antaranya, ada warga yang pindah domisili tetapi tidak melapor ke kantor camat, kemudian masyarakat yang tinggal jauh dari pusat kecamatan belum melakukan perekaman, karena keterbatasan jarak.

“Karena itu, kita mengimbau seluruh warga yang pindah ke daerah lain, di luar Bengkalis untuk segera melaporkan. Sehingga pendataan dapat dipermudah. Sedangkan bagi masyarakat yang belum merekam, namun tidak pindah domisili dipersilahkan mendatangi kantor camat didaerahnya,” kata Zulfasya.

Diakui, deadline perekaman e-KTP adalah 31 Oktober 2013. Tetapi kepada masyarakat yang sudah bisa melakukannya, diharap tidak mengulur-ngulur waktu, karena perekaman e-KTP sangat berguna bagi semua masyarakat, tanpa terkecuali.

Sementara kecamatan yang realisasinya masih rendah melakukan perekaman, menurut Zulfasya adalah Kecamatan Mandau, Pinggir dan Bengkalis. Sedangkan Kecamatan Bukitbatu, Siak kecil, Bantan dan Rupat cukup maksimal. Di Kecamatan Bengkalis, perekaman e-KTP baru mencapai 72,34 persen, Mandau 81,82 persen dan Pinggir 78,44 persen. (adv/hms)






berita sebelumnya
 
       
 
  fokusriau www.bengkaliskab.go.id
PEMERINTAH KABUPATEN BENGKALIS © 2013