pemerintah daerah kabupaten bengkalis
Home    

Jelang Pembukaan MTQ XLIII Tingkat Kabupaten Bengkalis, Panitia Gesa Pembangunan Astaka
Rabu, 12 September 2018 - 10:00:25 WIB

Jelang Pembukaan MTQ XLIII Tingkat Kabupaten Bengkalis, Panitia Gesa Pembangunan Astaka

BENGKALIS-Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XLIII tingkat Kabupaten Bengkalis tahun 2018 akan berlangsung di Desa Sungai Selari, Kecamatan Bukit Batu, 22-30 September mendatang. Berbagai persiapan sudah dilakukna. Salah satunya adalah pembangunan astaka.

Pembangunan astaka dijadwalkan selesai menjelang pembukaan. Sampai kemarin, progres penyelesaian pembangunan astaka sudah mencapai 70 persen. Bila tidak ada kendala, dalam 2-3 hari ke depan, pembangunannya akan rampung.

Sebagai informasi, MTQ XLIII tahun ini diikuti 11 kafilah mewakili kecamatan di Bengkalis ditambah satu kafilah dari Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran. Data yang diperoleh FokusRiau.Com dari e-MTQ LPTQ Kabupaten Bengkalis menyebut, 11 Kecamatan dan LPTQ Bengkalis mengusulkan 421 calon peserta.

Peserta terdiri dari Kecamatan Bukit Batu (50 peserta), Bantan (39), Bengkalis dan Siak Kecil masing-masing 44 peserta, Mandau (31) dan Pinggir (45). Kemudian, Rupat (35) dan Rupat Utara (45). Sementara tiga kecamatan baru yang baru kali pertama mengikuti MTQ tingkat Kabupaten Bengkalis adalah Bandar Laksamana, Bathin Solapan dan Talang Muandau, masing-masing mengusulkan 29 peserta, 32 peserta dan 10 peserta.

Sedangkan kafilah terakhir adalah LPTQ Kabupaten Bnegkalis yang mengusulkan 13 orang calon peserta atau lebih sedikit dibanding MTQ XLII di Kecamatan Pinggir yang berjumlah 16 peserta.

Sesuai data di e-MTQ LPTQ Kabupaten Bengkalis, dari 404 calon peserta yang diusulkan 11 Kafilah Kecamatan, tiga orang harus didiskualisifikasi. Masing-masing usulan dari Kecamatan Bantan, Rupat dan Bathin Solapan. Ketiga calon peserta dari ketiga kecamatan tersebut didiskualisfikasi, karena terindikasi pernah mengikuti MTQ Kabupaten Rokan Hilir.

Sedangkan satu calon peserta lagi masih dianggap bermasalah (belum dinyatakan lulus/memenuhi syarat oleh Tim e-MTQ LPTQ Kabupaten Bengkalis). Yaitu dari Kecamatan Mandau.

Mengutip data di e-MTQ LPTQ Kabupaten Bengkalis, bermasalahnya satu orang calon peserta yang diusulkan Mandau, karena yang bersangkutan belum melampirkan duplikasi (scan) akte kelahiran, Kartu Keluarga dan dan ijasah yang asli sebagai persyaratan untuk dinyatakan lulus/memenuhi syarat.

Meskipun jumlah peserta masing-masing kecamatan tersebut sudah diketahui, namun sekali lagi, hal itu belum diputuskan panitia penyelenggara. (*)






Penulis: Deri Hendra
Editor: Boy Surya Hamta






berita sebelumnya
 
       
 
  fokusriau www.bengkaliskab.go.id
PEMERINTAH KABUPATEN BENGKALIS 2013