pemerintah daerah kabupaten bengkalis
Home    

Tingkatkan Pendapatan Nelayan Bengkalis, Anggota Komisi II DPRD Azmi Buka Kerjasama ke Bintan
Selasa, 26 Maret 2019 - 13:19:32 WIB

Tingkatkan Pendapatan Nelayan Bengkalis, Anggota Komisi II DPRD Azmi Buka Kerjasama ke Bintan

BENGKALIS-Pada musim tertentu, produksi ikan Lomek dan Rucah rucah di Bengkalis mengalami peningkatan signifikan. Hal ini berdampak terhadap jatuhnya harga ikan tersebut, bahkan sampai tidak laku dijual. Kondisi tersebut tentu sangat merugikan nelayan.

Keluhan nelayan tersebut kemudian disampaikan kepada Anggota Komisi II DPRD Bengkalis Azmi Bin Rozali yang kemudian ditindaklanjuti dengan membuat program kerja sama bisnis industri pengolahan ikan di Bintan, Kepulauan Riau.

"Sudah berulang nelayan menyampaikan keluhan ini kepada saya. Sehingga saya merasa perlu melakukan sesuatu dan akhirnya memutuskan untuk mengambil bagian dari program pengelolaan ikan nelayan tersebut," kata Azmi, Selasa (26/3/2019).

Terkait upaya menjalin hubungan kerjasama tersebut, Azmi mengatakan, dirinya sudah berkunjung ke Bintan, termasuk ke Kantor Gubernur Kepri dan pabrik pengelolaan ikan di Kampung Tripang, beberapa waktu lalu bersama anggota dewan lainnya. 

"Kamis 21 Maret 2019 lalu, kami sudah berkunjung ke Tanjung pinang. Setelah seremonial di Kantor Gubernur Kepri dan bertemu Asisten II Sekdaprov Kepri Syamsul Bahrum serta staf Dinas Kelautan dan Perikanan Kepri dilanjutkan dengan kunjungan ke lokasi pabrik pengolahan ikan di Kampung Teripang, Kelurahan Teluk Bakau, Bintan," ujarnya.

Melalui program tersebut, pihaknya berusaha untuk meningkatkan pendapatan nelayan Bengkalis, Dumai, Kepulauan Meranti, Rokan Hilir dengan cara menyalurkan ikan-ikan yang tidak laku di Bengkalis karena kelebihan tangkap ke Kepri. Wadah untuk membeli ikan masyarakat tersebutadalah koperasi," ujarnya.

Semoga program tersebut bisa memberi perubahan kepada nelayan di Bengkalis, Dumai dan Meranti. "Doakan perjuangan ini berhasil, saya menunggu teman-teman yang berminat untuk bergabung dengan program pemberdayaan masyarakat Riau Pesisir bidang perikanan ini," tukasnya. (*)






Penulis: M Rafii
Editor: Boy Surya Hamta






berita sebelumnya
 
       
 
  fokusriau www.bengkaliskab.go.id
PEMERINTAH KABUPATEN BENGKALIS 2013