pemerintah daerah kabupaten bengkalis
Home    

Dana Belum Cair, Program Inbup Terancam Gagal
Minggu, 24 November 2013 - 19:49:43 WIB

Dana Belum Cair, Program Inbup Terancam Gagal

BENGKALIS-Program unggulan Instruksi Bupati Bengkalis tahun anggaran 2013 terancam gagal. Alasannya, sampai akhir November alokasi dana untuk program tersebut tak kunjung cair, padahal waktu kerja yang tersisa hanya sekitar satu bulan saja.

Sesuai Keppres 70 Tahun 2012 Tentang Hukum Kontrak/Pengadaan Barang dan Jasa, hanya ada dua hukum kontrak, yakni Jamak (multiyears) dan tunggal (reguler/satu tahun). Sementara program Inbup, masuk ke dalam tahun tunggal atau satu tahun masa pengerjaan.

“Sampai akhir November belum terlihat tanda-tanda anggaran untuk program Inbup cair. Sementara waktu bekerja efektif hanya tinggak satu bulan saja. Kalau melihat waktu yang tersisa, saya sangsi program Inbup ini berjalan efektif,” kata Asri, pendamping desa, Minggu (24/11).

Asri mengaku kurang tahu pasti sebab keterlambatan pencairan angaran Inbup. Sepengetahuannya, keterlambatan tersebut disebabkan banyak perubahan aturan yang harus dilakukan. “Kalaupun sekarang cair, saya juga masih sangsikan bakal selesai program Inbup ini. Pasalnya, ada beberapa tahapan yang harus dilakukan, karena proyek Inbup tidak bisa langsung dikerjakan kepala desa, tapi diserahkan kepada OMS desa,” katanya.

Anggota DPRD Bengkalis, H Azmi Rozali ikut menyayangkan keterlambatan realisasi program Inbup di seluruh desa Bengkalis tahun 2013. Sejatinya, menurut Azmi, saat ini masyarakat sudah bisa menikmati proyek Inbup sebesar Rp 1 miliar untuk masing-masing desa tersebut.

Terlepas dari berbagai persoalan yang terjadi di tengah masyarakat, menurut Azmi, pihaknya masih bisa memakluminya. Karena Inbup baru tahun 2012 lalu pertama kali diluncurkan. Pemerintah masih terus mencari formulasi dan aturan hukum, agar program ini tidak menimbulkan persoalan di kemudian hari.

“Hanya saja keterlambatan seperti ini mestinya tidak terjadi, karena pemerintah sudah berpengalaman melaksanakan Inbup tahun pertama. Kalau memang pogram Inbup 2013 akan gagal, banyak pihak yang dirugikan,” kata Azmi. (dal)






berita sebelumnya
 
       
 
  fokusriau www.bengkaliskab.go.id
PEMERINTAH KABUPATEN BENGKALIS 2013