Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Membangun Desa

Luar Biasa.. Desa Batu Ampar Inhil Berhasil Realisasikan 100 Persen Dana Desa

Rabu, 21 Desember 2016

Warga bersama aparatur desa bahu membahu membangun. (Foto:Istimewa)

BATU AMPAR-Pemerintah Desa Batu Ampar, Kecamatan Kemuning, Kabupaten Indragiri Hilir merupakan salah satu desa yang berhasil merealisasikan semua kegiatan menggunakan anggaran desa. Berbagai program pembangunan berhasil diselesaikan 100 persen jelang batas waktu anggaran berakhir.

Seperti pengerjaan semenisasi di beberapa ruas jalan desa, pembangunan gedung serba guna, pengerasan jalan sampai pembangunan jembatan adalah pekerjaan yang sudah direalisasikan dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Ida Laila SH, Pjs Kepala Desa Batu Ampar menyebutkan, kuncinya dengan melibatkan seluruh masyarakat, baik pengawasan maupun pengerjaaan.

"Untuk pembangunan fisik, kita selalu mengutamakan kualitas. Semua kita laksanakan sesuai petunjuk teknis. Masyarakat setempat dilibatkan dalam pengerjaannya, begitu juga dengan pengawasan. Kita minta Babinsa, Babinkamtibmas, pemuda dan tokoh masyarakat untuk mengawasi pekerjaan. Allhamdulilah pembangunan di Desa Batu Ampar selama ini berjalan dengan baik, itu semua berkat kerjasama yang baik antara masyarakat dengan pemerintahan desa. Kita juga berkoordinasi dengan pihak kecamatan Kemuning," ujar Ida, kemarin.

Pernyataan itu dikuatkan Ketua BPD Desa Batu Ampar, Sutarjo Spd. Menurutnya, selama ini BPD selalu melakukan pengawasan terhadap pembangunan yang ada. "Kami dari BPD selalu aktif melakukan pengawasan di desa, apalagi perihal pembangunan kita awasi dengan ekstra ketat. Bukan hanya kita yang mengawasi, bahkan seluruh masyarakat desa punya hak untuk mengawasi segala proses pembangunan yang ada," tegasnya.

Dengan dana yang dimiliki desa sangat besar sejak Program Desa Maju Inhil Jaya (DMIJ) diluncurkan Pemkab Inhil dibawah kepemimpinan Bupati H M Wardan, sambung Abdurrasidi, Sekretaris Desa Batu Ampar, masyarakat memang sangat antusias akan pelaksanaan pembangunan desa. Malahan katanya, ada pula masyarakat yang tidak mau mengambil uang untuk upah kerjanya yang turut dalam pelaksanaan kegiatan tersebut.

"Maklumlah bang, lama kami masyarakat desa menantkan sentuhan pembangunan. Alhamdulillah sejak ada DMIJ hal itu mulai terwujud. Apalagi pola manajemen memakai manajemen masjid yaitu manajemen terbuka. Sehingga masyarakat pun tak ada yang tak mengetahui apa saja pembangunan yang dilaksanakan pemerintah desa," katanya.

Ditambahkan, sejak 2015 lalu, pemerintah pusat turut pula menurunkan anggarannya. Sehingga semakin besar pula daya pemerintah desa untuk melaksanakan pembangunan. "Semakin semangat pula kami melaksanakan pembangunan di desa bang. Berbagai macam fasilitas kini berangsur-angsur telah pulih dan layak. Ini tetu berkat dana-dana yang terus mengalir ke desa. Sayang, tahun ini Pemerintah Provinsi Riau tak menganggarkan lagi. Padahal tahun lalu ada," ujarnya.

Sebagai informasi, tahun ini sedikitnya ada 11 paket kegiatan pembangunan infrastruktur yang dilaksanakan oleh Pemerintah Desa Batu Ampar. Itu adalah 5 paket semenisasi jalan lingkungan desa, 2 paket pengerasan jalan dengan sirtu, dan pembangunan 1 unit gedung serba guna, serta pembangunan 1 unit jembatan. "Untuk itulah kami tak lupa sampaikan pula terima kasih kepada pemerintah yang telah menyalurkan anggaran besar bagi kami di desa. Khususnya kepada Pemkab Inhil yang telah mempelopori pembangunan desa ini melalui program DMIJ-nya," kata Abdurrasidi. (zamri)


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler



 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus