Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Nasional

1000 WPS dan Ibu Hamil di Batam Bakal Jalani Test HIV/AIDS

Rabu, 07 Maret 2018

Kadiskes Kota Batam, dr. Didi Kusmaryadi,SpOG.(Foto: Indra H Piliang)

BATAM-Pemerintah Kota Batam melalui Dinas Kesehatan Kota Batam akan melakukan tes HIV/AIDS dan pengambilan sampel darah terhadap sekitar 1000 orang ibu hamil dan wanita pekerja seksual (WPS) di kota Batam. Test HIV/AIDS ini dilakukan sebagai bentuk deteksi dini terhadap penyakit tersebut.

“Ada 500 ibu hamil dan 500 WPS yang akan kami ambil sampel darahnya untuk diperiksa,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam, dr. Didi Kusmaryadi,SpOG, kepada wartawan di Batam Center, Batam, Selasa kemarin.

Menurutnya, ibu hamil menjadi target pemeriksaan karena ada program Prevention Mother to Child Transmission (PMTCT) atau pencegahan penularan HIV/AIDS dari ibu ke bayi dalam kandungan. Ini merupakan salah satu upaya menyelamatkan bayi dari virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh tersebut.

"Jika ibu terdeteksi positif HIV/AIDS, pihak medis bisa menentukan langkah-langkah guna penyelamatan bayi. Setidaknya dapat meminimalisir penularan virus dari ibu ke anak dalam kandungan," kata dr. Didi.

Pada tahun 2017 lalu, tiga balita ditemukan positif HIV. Karena itu, deteksi dini melalui tes ke ibu hamil ini penting dilakukan.

Dijelaskan dr. Didi, tes HIV/AIDS ini dilaksanakan dengan menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK). Anggaran yang tersedia yakni Rp80 juta. Saat ini Dinas Kesehatan sedang mendata WPS yang akan menjalani tes. Untuk lokasi tes, kemungkinan masih sama seperti tahun lalu, yakni hotel, tempat pijat, dan pusat rehabilitasi non panti.

Tahun 2017, sedikitnya 624 WPS menjalani tes HIV/AIDS. Dari pemeriksaan tersebut, tiga di antaranya positif HIV.(r/indra h piliang)


Berita terkait :

    Terkini
    Terpopuler



     
    situs portal berita riau
    fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus