Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Fokus Utama

11 Relawan Diterjunkan ke Lokasi Karhutla di Rupat Bengkalis Riau

Selasa, 25 Februari 2020

Para relawan dilepas menuju lokasi karhutla. (Foto:Obrin/FokusRiau.Com)

INDRAGIRI HULU-Sebanyak 11 relawan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), Senin (24/2/2020) pukul 17.30 WIB dikirim untuk memadamkan kebakaran lahan gambut di Dusun Teluk Kumbang, Desa Sukarjo, Kecamatan Rupat, Kabupaten Bengkalis, Riau. Sebelumnya, para relawan ini sudah memperoleh pelatihan penanggulangan karhutla dari instruktur berpengalaman. 

"Mereka sebelumnya sudah menginap di Dumai dan hari ini, Selasa (25/2/2020) pukul 07.00 WIB diantar petugas Satpolair Polres Dumai menuju Pulau Rupat untuk kemudian diterjunkan ke lokasi karhutla membantu proses pemadaman,” kata Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi melalui Kabid Humas Kombes Pol Sunarto, Selasa siang.  

Dikatakan, para relawan merupakan angkatan pertama dari pelatihan yang dilakukan Posko Relawan Pemadam Karhutla dengan instruktur dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau dan Manggala Agni Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Sabtu (8/2/2020) lalu.

Dengan bekal materi memadai didukung semangat membara, para relawan diharapkan mampu mengalahkan bara api karhutla di Dusun Teluk Kumbang, Desa Sukarjo, Kecamatan Rupat, Kabupaten Bengkalis.

Kombes Pol Sunarto menjelaskan, selain mengirimkan relawan ke lokasi karhutla di Rupat, Bengkalis, hari ini dan Rabu besok ada 250 mahasiswa dan karyawan Universitas Lancang Kuning (Unilak) mengikuti pelatihan pemadaman karhutla.

“Pelatihan akan dipusatkan di Kampus Unilak, Rumbai dan Posko Relawan Pemadam Karhutla, Purna MTQ Pekanbaru,” ungkap Kombes Sunarto sembari menyebut, kegiatan tersebut akan dihadiri Wakil Gubernur Edy Natar Nasution dan Kapolda Riau. (*)



Penulis: Obrin 
Editor: Boy Surya Hamta


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler


riau riau
 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus