Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Membangun Desa

15 Tahun Tak Tersentuh Pembangunan, Desa Sungai Junjungan Inhil Kini Punya Jembatan Beton

Selasa, 27 Desember 2016

Jembatan penghubung Parit Saal dan Jl Karya kini telah bagus. (Foto: Istimewa)

SUNGAI JUNJANGAN-Perjuangan masyarakat Desa Sungai Junjangan, Kecamatan Batang Tuaka, Kabupaten Indragiri Hilir untuk membangun kampungnya memang tak main-main. Seperti ketika pembangunan jembatan beton yang menghubungkan Parit Saal dan Jalan Karya, Agustus silam dikerjakan. Kondisi sungai yang akan dibangun tersebut masih dalam kondisi banjir.

"Alhamdulillah dengan kerja keras dan semangat bersama masyarakat, hal itu dapat dilalui. Jembatan yang sudah lama diidamkan masyarakat kini telah berdiri kokoh," kata Efendi Mukhtab, Kepala Desa Sungai Junjangan menceritakan proses pembangunan jembatan tersebut kepada wartawan, Senin (26/12/2016).

Jembatan tersebut, menurut Efendi, sebelumnya adalah jembatan dengan material kayu yang dibangun swadaya oleh masyarakat tahun 2001 lalu. Selama 15 tahun, jembatan tersebut berdiri tak pernah tersentuh pembangunan daerah. "Maka itu, ketika masyarakat mengetahui pemerintah desa akan membangun jembatan tersebut, mereka semua semangat untuk membantunya,"  imbuhnya.

Banjir yang sedang melanda dibendung menggunakan terpal lalu disedot dengan dua unit mesin pompa air sehingga kering. "Setelah kering barulah kami bisa untuk mengecornya. Pada waktu itu kita kerjakan siang malam mengingat banjir yang masih mengancam. Syukurlah tidak ada apa-apa hingga pekerjaan berjalan dengan lancar," ujar Efendi pula.

Dikatakan, selain semangat masyarakat , pembangunan jembatan tersebut dapat terlaksana tentu berkat dana yang dimiliki desa saat ini sangat besar. Bahkan katanya, dengan dana yang besar itu bukan hanya jembatan tersebut saja yang dapat dibangun. Tetapi beberapa infrastruktur lainnya seperti jalan, gedung PAUD serta infrastruktur lainnya.

"Dengan anggaran yang besar seperti saat ini masyarakat sangat bersyukur pembangunan sudah banyak yang kita lakukan. Untuk itu kami berharap tahun-tahun selanjutnya program pembangunan desa seperti DMIJ dari Pemkab Inhil serta bantuan dari Pemerintah Pusat dapat terus dilanjutkan. Sehingga pembangunan yang masih tertinggal di desa dapat kami lanjutkan," tukasnya. (zamri)


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler



 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus