Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Fokus Daerah

19 Anggota DPRD Inhu Absen di Paripurna Penyampaian Nota Keuangan APBDP 2019

Selasa, 20 Agustus 2019

Ilustrasi paipurna DPRD Inhu. (Foto:Istimewa)

INDRAGIRI HULU-DPRD Kabupaten Inhu, Riau, Selasa siang menggelar paripurna penyampaian nota keuangan APBD Perubahan tahun anggaran 2019. Dari 39 anggota DPRD, hanya 20 orang hadir dan sisanya absen.

Ketua DPRD Miswanto SE kepada wartawan mengatakan, anggota dewan keseluruhan ada 40 orang, namun satu orang berhalangan tetap, yakni Doni Rinaldi. Sekarang jumlah yang hadir 20 orang saja. Dalam persentasenya, rapat paripurna sudah memenuhi kuorum.

Untuk anggota dewan yang berhalangan hadir ini secara lembaga belum ada surat pemberitahuan. "Dalam konteks paripurna tadi, secara regulasi memungkinkan dilanjutkan, karena sudah kuorum," ujarnya.

Menyangkut sanksi kede etik terhadap anggota dewan yang absen tanpa keterangan, menunggu penilaian Badan Kehormatan (BK). "Biar Ketua BK Manahara Napitupulu yang akan memberikan penilaian terhadap anggota dewan yang tidak hadir tersebut," tuturnya.

Sementara itu, Manahara Napitupulu mengatakan, terkait anggota DPRD Inhu yang tidak hadir, termasuk salah seorang pimpinan dewan pada paripurna ini, sesungguhnya menjadi salah satu kewajiban anggota dan pimpinan untuk menghadirinya. Kalaupun berhalangan, harus ada surat izin atau surat keterangan sakit.

"Bagi anggota dewan yang tidak hadir, akan diberikan teguran setelah kita memperoleh absensi dari Sekwan. Hari ini, ada tiga agenda paripurna. BK akan melihat dulu kehadiran anggota dewan, karena kalau dalam kode etik dewan. Bila enam kali berturut turut tidak hadir dalam paripurna bisa diajukan pemberhentian," paparnya. (*)




Penulis: Obrin 
Editor: Boy Surya Hamta


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler


riau riau
 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus