Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Metro Pekanbaru

2.000 APD Bantuan Kemenkes Tiba di Riau dan Segera Didistribusikan

Sabtu, 28 Maret 2020

Petugas Dinas Kesehatan menyusun APD di Pekanbaru. (Foto:Antara)

PEKANBARU-Sebanyak 2.000 Alat Pelindung Diri (APD) dari Kementerian Kesehatan untuk Provinsi Riau telah tiba di Pekanbaru dan segera didistribusikan.

“Alhamdulillah, 2.000 APD kiriman dari Kemenkes sudah sampai di Riau dan segera kami didistribusikan ke rumah sakit,” kata Gubernur Syamsuar, Sabtu siang di Pekanbaru.

Dikatakan, bantuan APD sangat dibutuhkan karena banyak fasilitas kesehatan, terutama rumah sakit rujukan pasien COVID-19 kehabisan alat pelindung ini. Untuk Riau, ada 44 RS rujukan untuk pasien COVID-19.

Syamsuar mengatakan, pihaknya sudah menganggarkan dana untuk membeli APD ke semua produsen dan distributor. Beberapa hari lalu, Pemprov Riau juga memperoleh kiriman 16.000 lembar masker dari Kementerian Kesehatan. 

Masker tersebut juga mulai didistribusikan ke seluruh fasilitas kesehatan dan dinas di semua kabupaten dan kota di Riau. Sejak wabah COVID-19 merebak di Riau, masker dan APD menjadi barang langka dan mahal. 

Tenaga medis paling rentan tertular virus corona karena berhadapan langsung dengan pasien. Kesulitan APD disebabkan peralatan ini hanya bisa digunakan sekali (sekali pakai) pada saat menangani pasien terduga maupun yang sudah terkonfirmasi positif COVID-19. (*)



Editor: Boy Surya Hamta
Sumber: Antara


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler


riau riau
 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus